Harga Cabe Merah Naik Sangat Pesat

Harga Cabe Merah Naik Sangat Pesat

Harga Cabe Merah Naik Sangat Pesat

Bandung - Gonjang-ganjing rencana kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) bersubsidi yang akan dilakukan pemerintah dalam waktu dekat, berdampak pada kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Bandung.

Kenaikan cukup signifikan terjadi pada bebagai jenis sayuran khususnya cabe merah, yang mengalami kenaikan hingga 100 persen. Para pedagang dan konsumen pun berharap, pemerintah tidak jadi menaikkan harga BBM bersubsidi tersebut.

Di Pasar tradisional Cihaurgeulis misalnya, berbagai harga komoditi kebutuhan pokok naik cikup signifikan. Popon (42), seorang seorang pedagang sayuran di Pasar Cihaurgeulis Kota Bandung mengatakan, harga cabe merah mulai mengalami kenaikan.

"Cabe merah yang semula harganya Rp 25.000/kg naik menjadi Rp 50.000/kg. Cabe keriting dari harga Rp 30.000/kg menjadi Rp 50.000/kg, cabe tanjung dari harga Rp 25.000 menjadi Rp 50.000/kg," ungkapnya kepada wartawan di Pasar Cihaurgeulis Kota Bandung, Selasa (11/11/2014).

Dia menjelaskan, pihaknya tidak tahu secara pasti penyebab kenaikan harga cabe. Namun, yang jelas saat ini pasokan cabe merah dari distributor sendiri sudah menurun.

"Belum tau kenapa bisa naik, tapi sekarang memang susah dapet cabe. Distributor juga bilang susah dapat, mungkin ada kabar kenaikan BBM jadi harga harga naik," jelasnya.

Sejauh ini dirinya mengaku, akibat kenaikan harga sayuran jenis cabe tersebut membuat omzet penjualan meningkat. Pasalnya pedagang yang menjual sayuran jenis cabe berkurang dari biasanya.

Sementara itu, kenaikan harga bahan pokok itu dinilai memberatkan konsumen, seperti Ratna (30). Dirinya mengatakan, untuk sementara uang belanja tetap tetapi harga barang sudah naik seperti ini.

"Harga barang naik, sedangkan uang belanja tetap akhirnya saya terpaksa menyiasatinya dengan menghemat pengeluaran belanja atau mengurangi kebutuhan sehari-hari," keluhnya.

Baik pedagang maupun konsumen sangat mengharapkan, pemerintah tidak menaikkan harga BBM bersubsidi karena dampaknya sangat berarti bagi masyarakat luas. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:ekonomi,