Polda Jabar Buru 4 Tersangka Kasus Meledaknya Pipa BBM di Subang

Polda Jabar Buru 4 Tersangka Kasus Meledaknya Pipa BBM di Subang

Pipa Bahan Bakar Minyak

Bandung - Wakapolda Jabar Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, pihaknya saat ini masih terus mengusut kasus meledaknya pipa bahan bakar minyak (BBM) jenis solar milik PT Pertamina di Kp. Batang Gede, Desa Mandalawangi, Kec. Sukasari, Kab. Subang pada Kamis (28/08/2014) lalu.

Berdasarkan hasil pengusutan sementara yang dilakukan, menurut Wakapolda, peristiwa itu disebabkan karena ulah pencuri. Demikian ditegaskan Brigjen Pol. Rycko Amelza Dahniel di sela acara pelantikan anggota DPRD Jabar di Gedung Merdeka, Jln. Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (1/09/2014).

Terkait hal itu, tambah Wakapolda, pihaknya tengah memburu empat orang yang diduga memiliki peran dalam aksi pencurian. Dirinya pun menyebutkan kemungkinan adanya keterlibatan orang dalam terkait pencurian yang terjadi.

Jenderal berbintang empat ini menambahkan, pelaku pencurian diperkirakan lebih dari satu orang ini memiliki modus dengan cara membocori pipa di dalam tanah untuk mengalirkan solar. Hasil penelusuran yang telah dilakukan setidaknya diketahui jika perencanaan pencurian sudah dilakukan selama dua bulan sebelum kejadian.

Seperti diketahui, pipa pengangkut solar milik PT Pertamina meledak di trunkline (jalur pipa), Kamis (28/08/2014) sekitar pukul 05.30 WIB. Kejadian itu diduga akibat tindakan pencurian sehingga terjadi kebocoran pada pipa solar. Peristiwa itu menewaskantiga orang warga.

Selain meledak, tumpahan solar yang mengalir melalui sungai dekat jalur pipa juga memicu percikan api yang menjalar sepanjang 1 km. Api membakar rumah warga di sepanjang bantaran kali di pinggir jalur pantai utara (pantura).

Akibat kejadian ini tiga warga tewas dan empat lainnya mengalami luka bakar. Korban tewas beberapa jam kemudian dibawa ke Puskesmas Mandalawangi. Mereka adalah Ustaz Samsudin (50), Ismail (6), dan Jaka (6).

.

Categories:Nasional,
Tags:,