Gerimis Warnai Upacara Pembukaan Peparnas XV 2016

Gerimis Warnai Upacara Pembukaan Peparnas XV 2016

Kembang Api dan Tarian Kolosal dan kembang api meriahkan pembukaan Peparnas XV/2016 Jawa Barat di Stadion Siliwangi Kota Bandung. (foto - ist)

Bandung - Di bawah guyuran gerimis upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat berlangsung cukup meriah. Sekitar 5.000 penonton turut menyaksikan pembukaan kejuaraan olahraga bagi penyandang difabel itu, yang digelar di Stadion Siliwangi Jalan Lombok Bandung, Sabtu (15/10) sore. 

Kejuaraan Peparnas yang dimulai 15-24 Oktober itu resmi dibuka Menpora Imam Nahrawi dengan penekanan tombol buzzer. Disaksikan Ketua PB Peparnas XV Ahmad Heryawan dan Wakilnya Deddy Mizwar, Ketua Harian Iwa Karniwa, Ketua Umum National Paralympic Committee Indonesia serta ratusan official serta seluruh kontingen dari 33 provinsi di Indonesia.

"Ini pembukaan diiringi rintik hujan gerimis. Menyenangkan, jadi ingat masa kecil saya senang main bola di saat hujan. Ini luar biasa di saat Pemprov Jabar memilih pembukaan di sore hari, patut disyukuri," kata Imam saat memberikan sambutan. Hujan rintik membasahi Siliwangi di saat separuh acara sudah berlangsung.

Namun demikian, hujan tidak menyurutkan minat hadirin yang terlibat di dalam Stadion Siliwangi, untuk terus menyaksikannya. Pembukaan dimulai dengan presshow entertainment tarian oratorium. Menampilkan ragam khas setiap daerah disajikan oleh 800 penari. Perpaduan olah visual dan suara cukup memikat penonton yang hadir di tribun barat, utara dan selatan.

Upacara pembukaan dilanjutkan dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, defile dari seluruh kontingen, lalu pengibaran bendera untuk kemudian mendengarkan janji atlet dan wasit sebagai pengadil di lapangan selama Peparnas berlangsung dan penyalaan kalderon.

Menurut Ahmad Heryawan, pesta olahraga bagi kaum difabel ini akan mempertandingkan 13 cabang olahraga dari total 26 cabang olahraga yang telah dikembangkan. "Pertandingan akan diikuti 1.983 atlet dengan memperebutkan 605 emas, 605 perak dan 935 perunggu," katanya.

Diharapkan, catur sukses yang sudah diraih pada PON XIX/2016 September lalu bisa juga menular pada Peparnas. "Semoga suksesnya PON sama seperti Peparnas. Dengan mengusung tema Berjaya di Tanah Legenda, semoga lahir legenda baru yang bisa membawa manfaat harkat dan martabat bangsa," ungkap Aher. (Jr.)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,