Bisnis Dialihkan, Bagaimana Nasib Karyawan Mazda?

Bisnis Dialihkan, Bagaimana Nasib Karyawan Mazda?

Bagaimana Nasib Karyawan Mazda Indonesia setelah bisnisnya diambil-alih Eurokars? (foto - ist)

Jakarta - Nasib para karyawan PT Mazda Motor Indonesia (MMI) selaku perwakilan Mazda Motor Corporation (MMC) Jepang di Indonesia, mau tidak mau terimbas oleh pengalihan bisnis Mazda di Indonesia. Senior Marketing Manager PT MMI, Astrid Ariani Wijaya mengatakan karyawan MMI juga dalam proses pengalihan. 
 
"Saat ini karyawan dalam proses transisi MMI ke EMI. Ini hanya perubahan aksi korporasi," kata Astrid. Soal jumlah karyawan, Astrid mengatakan belum mengetahui secara pasti dan harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. 
 
Jumlah pasti akan menunggu informasi dari pihak human resources (HR) PT MMI. "Saya kan bukan HR, tidak punya datanya. Jadi untuk jumlah karyawannya harus saya lihat dan cek terlebih dulu," katanya. 
 
Diketahui, PT MMI mengumumkan pengalihan bisnis ke EMI melalui laman resminya. Langkah tersebut dilakukan untuk memperkuat bisnisnya di Tanah Air. Nantinya, Eurokars akan resmi menjadi distributor kendaraan dan suku cadang Mazda di Indonesia, mulai Februari 2017.
 
Sementara itu, aksi korporasi itu mengundang respons dari komunitas Mazda, seperti CX-5 Indonesia Community. Menurut Ketua Umum CX-5 Indonesia Community Ongky Wijaya, awalnya pihaknya kaget mendengar pengumuman yang tiba-tiba ini. MMI sendiri mempublikasikan pengumuman itu di situsnya pada Jumat pukul 15.00 WIB. 
 
Ia mengakui, berita pengalihan ini cepat menyebar ke anggota. "Awalnya kaget, hanya setelah kami baca dari press release di website Mazda, MMI tutup dengan mengalihkan pemasaran mobil dan spare part ke Eurokars, tidak lepas tangan begitu saja. User Mazda enggak perlu khawatir karena spare part dan lainnya tetap aman dan terjamin oleh Eurokars," kata Ongky. 
 
Menurutnya,  Eurokars sudah cukup berpengalaman di Singapura dan Australia. Ia pun yakin Eurokars bisa diandalkan menggantikan peran perusahaan yang sudah berdiri di Indonesia sejak 2006 itu. "Eurokars cukup berkompeten dan cukup oke buat menggantikan MMI. Kita bisa lihat Eurokars juga kan pegang beberapa merek, seperti Rolls-Royce, Porsche, dan lainnya," katanya. 
 
CX-5 Indonesia Community sendiri saat ini memiliki 270 anggota. Chapter komunitas mobil SUV tersebut tersebar di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali serta beberapa wilayah di luar Jawa-Bali. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,