Tali Sling Jembatan Kuning yang Ambruk Tak Pernah Diganti

Tali Sling Jembatan Kuning yang Ambruk Tak Pernah Diganti

Bupati Klungkung Nyoman Suwirtha saat meninjanu Jembatan Kuning di Nusa Ceningan Bali. (foto - ist)

Nusa Ceningan - Jembatan legendaris yang menghubungkan dua pulau Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan yang dibangun sejak 30 tahun lalu, sejauh ini belum mengalami perbaikan total.

"Jembatan itu sudah dibangun hampir 30 tahun, belum mengalami perbaikan total," kata Bupati Klungkung, Nyoman Suwirtha di Nusa Ceningan, Senin (17/10/2016).

Menurutnuya, pihaknya sudah sempat melakukan perbaikan ringan pada 1994 di jembatan yang menghubungkan dua pulau kecil di Bali tersebut. Namun demikian, perbaikan ternyata tidak berdampak signifikan terhadap jembatan.

"Kita sudah berulang kali melakukan perbaikan ringan. Ada satu yang memegang peran vital dari jembatan tersebut, yaitu tali sling yang tidak pernah diperbaiki (diganti)," katanya.

Suwirtha mengaku, dengan adanya insiden ambruknya jembatan itu, pihaknya prihatin karena sampai menelan korban tewas dan luka-luka."Saya berharap kejadian ini tidak perlu saling menyalahkan, dan pasca-kejadian ini apa yang perlu kita lakukan," tegas Suwirtha.

Sementara itu, salah seorang warga Nusa Ceningan bernama I Wayan Ardika (50) menyatakan, jembatan itu memang sempat diperbaiki oleh pemerintah Kabupaten Klungkung sekira tahun 1994 dan hingga kini belum dibuat permanen hanya perbaikan tahunan saja. "Jembatannya sudah lama ada, tahun 1994 itu baru dibuat bagus begini. Setiap tahun perbaikan kecil saja," katanya.

Dikatakan, perbaikan tahunan oleh Pemkab Klungkung hanya sebatas memperbaiki sling dan mur jembatan. Namun, tidak pernah dilakukan perbaikan secara keseluruhan. "Hanya perbaikan biasa, kalau ada yang kendor-kendor diperbaiki. Sebatas itu saja," tambahnya.

Jembatan penghubung Nusa Ceningan - Nusa Lembongan tersebut masih terbuat dari kayu, hanya fondasinya saja terbuat dari besi. Sling atau tali pengikat jembatannya pun sudah berkarat, dan sangat membahayakan jika kelebihan beban. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,