Ledakan Landa Pabrik Bahan Kimia di Ludwigshafe Jerman

Ledakan Landa Pabrik Bahan Kimia di Ludwigshafe Jerman

Pabrik perusahaan kimia terbesar di Ludwigshafen Jerman, BASF meledak. (foto - Reuters)

Ludwigshafen - Bagian produksi pabrik perusahaan bahan kimia terbesar di Kota Ludwigshafen Jerman, BASF meledak, Senin waktu setempat.

Sedikitnya satu orang dinyatakan tewas dan enam orang lainnya masih hilang. Ledakan tersebut terjadi pada jalur suplai yang menghubungkan pelabuhan dan depot tangki sekitar pukul 11.30 siang waktu setempat. Sejauh ini BASF belum bisa dikonfirmasi penyebab sumber ledakan.

Ledakan itu menyebabkan kepulan asap membumbung tinggi ke udara. Akibat ledakan itu juga menyebabkan warga Kota Ludwigshafen terpaksa diungsikan. Untuk mereka yang ada di rumah, dilarang membuka pintu dan jendela karena dikhawatirkan asap yang masuk ke dalam rumah mengandung racun.

Seperti dilaporkan reuters, Senin (17/10/2016) dalam kaitan itu BASF sendiri mematikan sebanyak 14 fasilitas di dekat lokasi ledakan untuk alasan keamanan. Termasuk unit yang besar pembuat komponen kimia.

Kota Ludwigshafen terletak di sekitar 80 kilometer (50 mil) selatan Frankfurt. Lokasi ledakan yakni berada di kompleks pabrik kimia terbesar di dunia yang luasnya sampai 10 hektar. perusahaan tersebut menampung sekitar 39.000 pekerja.

Sementara itu, pelabuhan di mana ledakan terjadi merupakan terminal untuk cairan yang mudah terbakar. Misalnya, nafta dan methanol yang merupakan bahan penting untuk bahan baku BASF. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,