Nyaris Dijual ke Timur Tengah, 3 TKI Cianjur Dipulangkan

Nyaris Dijual ke Timur Tengah, 3 TKI Cianjur Dipulangkan

Tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Timur Tengah. (foto - ilustrasi)

Cianjur - Tiga perempuan warga Kabupaten Cianjur berhasil dipulangkan ke Cianjur pada Selasa malam. Perempuan asal Kecamatan Campaka dan Campaka Mulya itu berada di tempat penampungan calon tenaga kerja indonesia (TKI), yang akan diberangkatkan oleh PT Putra Timur Mandiri Jakarta Timur.

Kepala Seksi Bina Lembaga Usaha Ketenagakerjaan Dinas Sosial TenagaKerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur, Ahmad Ubaidillah menyatakan,  ketiganya berada di kantor Dinsosnakertrans, sebelum dijemput oleh pihak keluarga. 

Menurut Ahmad Ubaidillah, pihaknya hanya bisa memulangkan tiga warga, sedangkan dua orang lainnya telah berangkat ke Arab Saudi. Ketiganya adalah Yanti Hasbih (23), warga Campaka Mulya, Imas Kosim (36) dan Mimin Solehudin (27), warga Campaka.

Terungkapnya kasus itu setelah menerima laporan dari Abdul Umar, suami Yanti. Menyikapi hal itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), untuk mendapatkan bantuan sebelum kelimanya diberangkatkan.

"Mereka sudah sekitar dua minggu berada di penampungan. Akhirnya tiga dari lima bisa dipulangkan," katanya. Hal itu merupakan kasus kali kedua yang melibatkan PT. Putra Timur Mandiri.

Sebelumnya, pihaknya pun mendapatkan laporan, ada 2 warga Babakan Caringin, Cianjur yang akan diberangkatkan oleh perusahaan itu. "Kasusnya sama, mereka diajak sponsor lalu disalurkan PT bersangkutan. Untungnya dua warga Babakan Caringin itu berhasil kami bawa pulang," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinsosnakertrans mendapatkan laporan lima warga Cianjur yang berada di sebuah penampuangan TKI di Jakarta Timur. Kelimanya diduga akan diperdagangkan ke Arab Saudi sebagai tenaga kerja ilegal. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,