Warga Bandung Cukup Antre lewat SMS untuk Urus e-KTP

Warga Bandung Cukup Antre lewat SMS untuk Urus e-KTP

Warga Bandung Cukup Antre lewat SMS untuk Urus e-KTP. (foto - ilustrasi)

Bandung - Dinas Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bandung hadirkan inovasi pelayanan nomor antrean melalui SMS. Warga Kota Bandung tidak harus repot untuk mengantre ketika mengurus KTP elektronik (e-KTP). Namun, hanya melalui pesan SMS, maka masyarakat bisa mendapatkan nomor antrean.

Layanan antrean melalui SMS tersebut dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengurus berbagai keperluan dokumen kependudukan, tanpa perlu ke loket pelayanan. Seperti dikutip dari kemendagri.go.id, Rabu (19/10/2016, ketika nomor antrean sudah dekat, baru warga mendatangi Dinas Dukcapil. Inovasi ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Untuk memanfaatkan layanan, masyarakat cukup mengirim pesan ke nomor layanan 087823352336 dengan format: nama#nik#jenis layanan. Sesaat kemudian, masyarakat akan mendapatkan balasan yang berisi nomor antri dan tanggal pelayanan (hari, tanggal dan jam). 

Kepala Dinas Dukcapil Popong W Nuraeni mengatakan, hadirnya layanan ini terinspirasi dari panjangnya antrean warga, yang mengurus dokumen kependudukan dan kebiasaan mereka yang tak bisa lepas dari smartphone

Menurutnya, antrean yang panjang tidak lagi sesuai dengan kondisi masyarakat perkotaan yang menuntut kecepatan. Apalagi, setiap hari dinasnya melayani tak kurang dari 500 warga. "Dari 13 loket yang kami buka, ratusan antrean biasa terjadi di beberapa loket. Akibatnya, terjadi penumpukan dan warga merasa tidak nyaman mengurus dokumen kependudukan," katanya.

Rachmat menyatakan, harapan dengan hadirnya layanan tersebut dapat membuat masyarakat bahagia dalam mengurus dukumen kependudukan. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,