Pelantikan Anggota DPRD Jabar Diguncang Demo

Pelantikan Anggota DPRD Jabar Diguncang Demo

dprd jabar

Bandung – Puluhan pengunjukrasa yang berasal dari berbagai elemen massa “mengepung” Gedung Merdeka di Jln. Asia Afrika, tempat digelarnya pelantikan anggota DPRD Jabar periode 2014-2019, Senin (01/09/2014).

Para pengunjukrasa yang menyuarakan aspirasinya tersebut berasal dari Aliansi Pejuang Buruh Bandung Raya, Badan Kordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabar, Front Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi, dan Pengamen Jalanan Bandung dan Aliansi.

Dalam aksinya, mereka menolak dilantiknya anggota DPRD Jabar periode 2014-2019 yang dinilai memiliki masalah hukum. Selain itu, massa juga menuntut agar anggota dewan bekerja secara maksimal, konsisten memberantas korupsi di Jawa Barat, serta tidak mengkhianati rakyat Jawa Barat dalam menjalankan amanatnya sebagai wakil rakyat.

Selain melakukan orasi, massa juga membawa sejumlah spanduk dengan berbagai tulisan dan mengaraknya turun ke jalan. Spanduk tersebut di antaranya bertuliskan, “Dewan Korupsi Jangan Dilantik”, “Dewan Bermasalah Lebih Baik Mundur Saja”, “Rumasa Boga Masalah Mah Tong Hayang Dilantik”, “Jebloskan Irfan Suryanegara”, dan “Usut Tuntas Kasus Alkes, Seret”.

Menurut Kordinator aksi, Naga Sentana, dari 100 anggota DPRD Jabar yang dilantik, disinyalir beberapa orang di antaranya tersangkut masalah hukum. Karena itu pihaknya menolak tegas pelantikan anggota yang bermasalah.

“Ada dugaan kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di berbagai dinas salah satunya kasus pengadaan alat kesehatan (alkes) di Dinkes Jabar yang terindikasi melibatkan pimpinan Dinkes dan Ketua DPRD Jabar. Selain itu, ‎?ada juga kasus korupsi mark up proyek pembebasan lahan di PLTU Indramayu dengan tersangka anggota DPRD Jabar. Ada juga kasus korupsi investasi fiktif di Indramayu yang terindikasi melibatkan anggota DPRD Jabar, lalu kasus penyelewengan hibah/bansos dan lainnya," kata Naga.

Aksi yang dilakukan elemen massa itu berada di dekat Alun-alun Bandung, Jln. Asia Afrika, yang dijaga ketat polisi dari Polrestabes Bandung. Saat unjukrasa berlangsung, arus lalu lintas terpantau padat merayap. Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Mashudi  mengatakan, kegiatan pelantikan berjalan lancar. Ia pun bersyukur tidak ada sesuatu pun yang bisa menghambat jalannya pelantikan meski ada sejumlah massa yang menentang pelantikan.

.

Categories:Politik,
Tags:,