Langkah Hillary Menuju Kursi Kepresidenan Semakin Dekat

Langkah Hillary Menuju Kursi Kepresidenan Semakin Dekat

Hillary didampingi Bill Clinton dan putrinya Chelsea Clinton seusai debat. (foto - Reuters)

Washington - Langkah menuju kursi kepresidenan AS bagi Hillary Clinton tampaknya semakin dekat, setelah pada debat nasional ketiga atau terakhir yang berlangsung di Las Vegas.
 
Hasil survei sejumlah lembaga seperti dilansir CNN, Kamis (20/10/2016) menunjukkan, mantan menlu AS itu kembali unggul atas rivalnya Donald Trump. Hasil jajak pendapat CNN/ORC menunjukkan, Gillary mencapau 52 persen menang atas rivalnya, Donald Trump yang hanya 39 persen.
 
Sama seperti debat sebelumnya, Hillary tampil gemilang dan piawai dalam menjawab semua pertanyaaan, termasuk sejumlah isu sensitif seperti aborsi dan pajak. 
 
Seperti diketahui, Partai Republik selama ini mengharamkan aborsi, sedangkan Partai Demokrat membolehkan hal tersebut. Oleh karena itu, setiap Demokrat menjadi petahana, klinik aborsi mendapatkan bantuan dana dari pemerintah. 
 
Klinik aborsi dibolehkan untuk mencegah terjadinya praktik pengguguran kandungan yang ilegal, yang bisa membahayakan nyawa ibu hamil. Sementara Dinald Trump tampaknya semakin merasa kesal dengan pencapaian Hillary. 
 
Dilansir BBC, Trump mengatakan, ia menolak berkomitmen untuk menerima hasil pemilu jika kalah pada pilpres 8 November 2016 mendatang. Belakangan, Trump selalu mengklaim bahwa dirinya "dicurangi" dalam pemilu kali ini.
 
Hasil survei menunjukkan, Trump kalah setelah dituduh melakukan serangan seksual terhadap sejumlah perempuan. Sejak itul popularitasnya, bahkan di kalangan partainya sendiri menurun. Ini bisa dilihat dari sikap para elit Partai Republik, seperti John Mc Cain, Mitt Romney, Ted Cruz, Paul Ryan, yang sejak kasus pelecehan itu terungkap, menarik dukungan mereka untuk Trump. 
 
Kalangan elit Partai Republik tersebut menyatakan, sikap Donald Trump yang melecehkan kaum perempuan sama sekali tidak bisa diterima. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,