Mantan Bupati Rina Dijebloskan ke Penjara

Mantan Bupati Rina Dijebloskan ke Penjara

Petugas membawa mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani yang menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi subsidi perumahan Griya Lawu Asri, Kabupaten Karanganyar, untuk dirujuk ke rumah sakit setelah kondisi kesehatannya terganggu saat mengikuti sidang di P

Semarang - Rina Iriani Sri Ratnaningsih, mantan Bupati Karanganyar akhirnya resmi dijebloskan ke penjara. Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang menyatakan, Rina ditempatkan di Rumah Tahanan Wanita Semarang hingga 30 hari ke depan.
 
"Menimbang sejak penyidikan dan persidangan, pengadilan melakukan penahanan terhadap terdakwa Rina Iriani di Rutan Wanita di Semarang terhitung selama 30 hari per tanggal 11 November hingga 11 Desember," kata Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Semarang, Dwiarso Budi, saat membacakan amar putusan penahanan, Semarang, Jateng, Selasa (11/11).
 
Dwiarso menjelaskan, Rina akhirnya ditahan karena dianggap telah mempengaruhi saksi-saksi saat menjalani sidang kasus pembangunan perumahan Griya Lawu Asri pada 2007-2008 dan 2008-2011. Rina diduga menyamarkan uang hasil korupsi hingga mencapai Rp 9 miliar. 
 
"Terdakwa terbukti memengaruhi saksi-saksi yang meringankan sehingga majelis hakim perlu melakukan penahanan terhadap terdakwa. Hal itu sesuai Pasal 26 Ayat 1 KUHP," ungkap Dwiarso.
 
Rina diduga telah mengusulkan kepada Kemenpera pada 2007, agar KSU Sejahtera dipilih sebagai lembaga keuangan nonbank penyalur subsidi Kemenpera. Padahal, usulan itu tidak disertai rekomendasi dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Karanganyar. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,