Paduan Suara Agria Swara IPB Juara Pertama di Inggris

Paduan Suara Agria Swara IPB Juara Pertama di Inggris

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Agria Swara Institut Pertanian Bogor (IPB) saat tampil di Maasmechelen Belgia. (foto - dok. Agria Swara IPB)

Bogor - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Agria Swara Institut Pertanian Bogor (IPB) Jawa Barat, berhasil meraih peringkat pertama dalam kompetisi internasional "The 4th City of Dery International Choral Festival" di Inggris. Agria Swara menjadi satu-satunya wakil Asia, yang tampil di Derry City, Northen Island.
 
Menang dengan nilai tertinggi, 93.57, PSM Agria Swara mengalahkan beberapa kontestan dari negara lain, yakni Jerman, Irlandia, Polandia, UK dan Hungaria. Mereka juga berhak mendapatkan trofi kebanggaan kompetisi tersebut, yaitu Trophy Oak Tree.
 
Dipimpin oleh Konduktor Arfin Zaenullah, Agria Swara membawa tim terbaiknya sejumlah 44 orang, beserta 2 orang official  dan pembina. Dalam kompetisi ini mereka membawakan beberapa lagu, antara lain Unser Keiner Lebet Ihm Selber yang diaransemen oleh Heinrich Schutz, Readymade Alice yang diaransemen oleh Perttu Haapanen serta Gloria Patri yang diaransemen Budi Susanto Yohanes.
 
Selain lagu klasik, Agria Swara juga membawa lagu daerah dari Indonesia yang membuat penonton terkesima. Lagu yang dibawakan adalah Bungong Jeumpa, Soleram, Marencong-rencong dan Lisoi yang dibawakan dengan koreografi rancak. Tidak jarang penonton yang hadir melakukan standing applause, setelah menonton penampilan Agria Swara yang memukau.
 
Semua perjuangan dan perjalanan mereka terangkum dalam program International Mission in Art and Culture. Tujuan dari program ini, untuk menyebarkan kebudayaan Indonesia di mata dunia. Perjalanan PSM Agria Swara belum berhenti, mereka akan melaksanakan konser kebudayaan di London, bekerjasama dengan PPI London dan KBRI London. (Jr.)**
.

Categories:Hiburan,
Tags:,