Ridwan Kamil Nyatakan Bandung Tidak Akan Bentuk BPPD

Ridwan Kamil Nyatakan Bandung Tidak Akan Bentuk BPPD

Kota Bandung tak akan bentuk BPPD karena sudah punya Dinas Penanggulangan Bencana dan Kebakaran. (foto - Diskominfo-PPID/ilustrasi)

Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendapat sorotan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pasalnya, hingga saat ini Bandung belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
 
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pun telah meminta Walikota untuk segera membentuk BPBD, agar penanggulangan dan mitigasi bencana bisa lebih terkoordinir.
 
Menurut Walikota Bandung Ridwan Kamil, pihaknya tidak akan membentuk BPBD. Sebab saat ini Kota Bandung sudah punya  Dinas Penanggulangan Bencana dan Kebakaran. "Saya sudah bilang, kami memiliki  Dinas Penanggulangan Bencana dan Kebakaran," kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Selasa (25/10/2016).
 
Emil menegaskan, secara fungsional Dinas Penanggulangan Bencana dan Kebakaran sama dengan BPBD. Sehingga tidak perlu lagi membentuk BPBD, yang secara langsung akan menjadi instansi baru di Kota Bandung.
 
"Sama saja. Ada bencana dibantu urusan pengungsiannya atau dibantu urusan logistiknya. Enggak ada bedanya. Hanya beda judul saja," tegasnya.
 
Sejauh ini, Pemkot Bandung dan DPRD juga sudah sepakat tidak perlu membentuk lagi BPBD, mengingat sudah ada Dinas Penanggulangan Bencana dan Kebakaran.
 
"Kesepakatan dengan dewan, bahwa itu sudah memadai. Kan SOTK itu dibahas dewan, disepakatinya dengan Dinas Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, tidak membedakan dari sisi output-nya, hanya beda judulnya saja," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,