Direktur Operasi Pelindo III Simpan Rp 600 Juta di Laci Meja

Direktur Operasi Pelindo III Simpan Rp 600 Juta di Laci Meja

Tim Satgas Saber Pungli Mabes Polri dan Satgas Dwelling Tim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya periksa ruang kerja Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo III. (foto - ist)

Surabaya - Para petugas di Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jawa Timur, masih memeriksa secara intensif Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo III, Rahmad Satria (RS).

Rahmad ditangkap lewat  OTT Tim Satgas Saber Pungli Mabes Polri dan Satgas Dwelling Tim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Saat tim Satgas melakukan penggeledahan di ruangannya, petugas menemukan uang tunai senilai Rp 600 juta dalam laci meja kerjanya.

Selain itu, terdapat beberapa berkas lainnya seperti dokumen dan administrasi, yang diduga terkait dengan dokumen kontainer yang tidak pernah diperiksa oleh PT Pelindo.

"Ia kini masih diperiksa dan didalami mengenai pungli. Terutama saat pemeriksaan kontainer yang  masuk ke Terminal Petikemas Surabaya," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Takdir Mattanette, Selasa (1/11/2016).

Menurut Takdir Mattanete, Rahmad ditangkap di kantornya dengan barang bukti berupa beberapa dokumen aliran dana yang masuk ke Pelindo III. "Dugaan pungli tersebut terjadi, ketika dilakukan pemeriksaan pada proses masuknya kontainer keb Terminal Petikemas Surabaya," katanya.

Sementara itu, modusnya ada beberapa kontainer yang tidak diperiksa oleh PT Ankera, selaku petugas pemeriksaan. Setiap kontainer diwajibkan membayar antara Rp 500.000 hingga Rp 2 juta, agar bisa segera diperiksa oleh petugas. Uang tersebut disetorkan ke Dirut Operasional PT Pelindo III, Rahmad Satria.

"Dari hasil pungutan tersebut, mereka sedikitnya mendapatkan antara Rp 5 sampai 6 miliar rupiah setiap bulannya," kata mantan Kasatreskrim Polrestabes Surabaya itu. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,