Menteri Rini Resmi Pecat Direktur Operasi Pelindo III

Menteri Rini Resmi Pecat Direktur Operasi Pelindo III

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno. (foto - ist)

Jakarta - Direktur Operasional PT Pelindo III, Rahmat Satria secara resmi dipecat oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno. Rahmat diberhentikan karena terkena operasi tangkap tangan (OTT) kasus pungutan liar, di ruang kantor Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III pada Selasa lalu.

Penangkapan, menurut Rini menjadi hal yang memalukan bagi pemerintah maupun Kementerian BUMN. "Tindakan itu tentu memalukan. Pak Rahmat kami berhentikan sebagai Direktur. Kami sudah menunjuk penggantinya," kata Rini dalam konferensi pers di Kementerian BUMN Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Rini pun kemudian menerbitkan Surat Edaran dengan nomor SE-02/MBU/10/2016, tentang Penegakan Citra BUMN Bersih. Dalam surat edaran tersebut, ia meminta agar seluruh Komisaris Utama dan Direktur Utama BUMN, untuk menghindari perbuatan tidak terpuji dan bertentangan dengan hukum.

"Kami tekankan agar direksi bisa menjaga BUMN dengan baik. Bisa menerapkan praktik Good Corporate Governance secara konsisten dan berkesinambungan. Juga melakukan pengawasan kepada seluruh jajarannya untuk menghindari praktik pungutan liar (pungli) dalam menjalankan tugas," katanya.

Untuk ke depannya, Rini akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dalam rangka mengawasi praktik pungli darat, laut dan udara pada kalangan perusahaan plat merah. "Kita ingin lebih jeli menjaga hal-hal ini agar tidak terjadi lagi. Di bandara atau pelabuhan, harus dijalin kerja sama," tegas Rini. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,