Menyoal Demo 4 November, BIN dan Polri Minta Blokir 11 Situs

Menyoal Demo 4 November, BIN dan Polri Minta Blokir 11 Situs

Menyoal Demo 4 November, BIN dan Polri Minta Blokir 11 Situs. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Sehari sebelum demo massa dalam jumlah besar, Menkominfo melakukan perintah kepada para penyelenggara internet untuk melakukan pemblokiran terhadap 11 situs yang ada di dunia maya.

Plt Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo, Noor Iza mengklaim, jika pemblokiran itu terjadi atas laporan masyarakat dan juga lembaga atau instansi pengawas yang terkait. Untuk bisa membuka blokir, pengelola konten diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan atas konten yang dituduhkan.

"Pengelola konten juga dipersilakan melakukan komunikasi ke Kemenkominfo, jika ada hal-hal yang ditanyakan. Juga bisa meminta pemulihan ke Kominfo, yang akan komunikasikan dengan lembaga/instansi terkait," katanya, Kamis (3/11/2016).

Terkait dengan lembaga atau instansi pengawas yang melaporkan situs-situs tersebut, Noor Iza mengatakan beberapa lembaga keamanan pemerintah. "Ada BNPT, BIN, Polri dan lainnya," katanya.

Noor Iza pun tidak menampik jika pemblokiran itu dikaitkan dengan aksi demo besar, yang akan dilaksanakan 4 November besok. Sehingga kemungkinan besar masih akan ada situs-situs lain yang dibidik untuk diblokir.' Ini lebih ke masalah konten, yang memang penting untuk dijaga," tegasnya.

Dalam surat Kominfo yang menyebar di dunia maya disebutkan, Kominfo menganggap situs-situs tersebut mengandung konten SARA. Surat tersebut ditandatangani oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo.

Yth. Penyelenggara ISP,

Dengan ini mohon kiranya dapat menambahkan 11 Situs yang mengandung konten SARA ke dalam sistem filtering setiap ISP.

Demikian penyampaian dari kami, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

11 domain yang diminta untuk diblokir:

lemahirengmedia.com

portalpiyungan.com

suara-islam.com

smstauhiid.com

beritaislam24h.com

bersatupos.com

pos-metro.com

jurnalmuslim.com

media-nkri.net

lontaranews.com

nusanews.com.

.

Categories:Infotech,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait