Kapal Karam di Libya Ancam Jiwa Ratusan Penumpang

Kapal Karam di Libya Ancam Jiwa Ratusan Penumpang

Ratusan Orang Terancam Tewas Akibat Kapal Karam di Libya. (foto - ist)

Lampedusa - Badan Pengungsi PBB menginformasikan, sebanyak 239 orang dikhawatirkan meninggal dunia, ketika kapal yang mereka tumpangi karam di lepas pantai Libya.
 
Menurut Juru Bicara UNHCR yang berbasis di Roma, Carlota Sami kebenaran informasi tersebut telah dikonfirmasi oleh korban selamat, yang berhasil dibawa ke darat di pulau Italia Lampedusa di Laut Mediterania.
 
Meski demikian, tim evakuasi belum menemukan jasad atau mayat dalam insiden itu. Menurut Sami, 31 korban selamat dari dua kapal karam yang tiba di Lampedusa melaporkan, kapal mereka terbalik di laut. 
 
Dilansir Aljazeera, Kamis (3/11/2016) keduanya mengatakan, sebanyak 29 orang yang selamat dari kecelakaan kapal yang pertama dan 120 orang dinyatakan masih hilang. Dalam operasi yang terpisah, dua perempuan ditemukan tengah berenang di laut mengatakan, sebanyak 120 orang tewas akibat kapal karam. 
 
Dalam kedua kasus itu, sebagian besar orang yang berada di dalam kapal diduga berasal dari sub-Sahara Afrika. Namun, Sami mengatakan para relawan masih melakukan proses identifikasi.
 
Sementara itu, Kepala Juru Bicara Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) Leonard Doyle mengatakan, korban kapal karam kali ini menambah daftar panjang pengungsi yang hilang di Laut Mediterania.
 
Sepanjang tahun ini, tercatat sebanyak 4.220 orang telah dinyatakan hilang. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,