Masjid Istiqlal Penuh Sesak oleh Massa Aksi 4 November

Masjid Istiqlal Penuh Sesak oleh Massa Aksi 4 November

Suasana di Masjid Istiqlal Gambir, Jakarta Pusat menjelang salat Jumat. (foto - ist)

Jakarta - Ribuan orang yang datang dari berbagai daerah sudah berada di Jakarta sejak Kamis malam. Kedatangan mereka untuk ikut aksi damai, terkait dugaan penistaan agama yang diduga dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Massa aksi tersebut diketahui berkumpul di Masjid Istiqlal Gambir, Jakarta Pusat. Sebelum memulai aksinya, mereka salat berjamaah terlebih dahulu. Foto yang diunggah ke Twitter Traffic Management Center Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro, menggambarkan situasi masjid sangat dipenuhi massa.

Sejauh ini, belum diketahui secara pasti berapa jumlah orang yang sudah berkumpul di sana. Rencananya, aksi baru akan dimulai pukul 13.00 WIB, setelah menjalankan ibadah salat Jumat. Sasaran lokasi penyampaian pendapat antara lain kantor Bareskrim Polri di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Balaikota Jakarta dan terakhir berkumpul di Istana Negara.

Sementara itu, massa yang memadati Masjid Istiqlal berasal dari berbagai berbagai wilayah, antara lain dari Banten, Bandung, Jawa Tengah dan wilayah lainnya. Saking membludaknya, massa melakukan salat Jumat di pelataran masjid. Toilet serta tempat wudhu pun tidak henti-hentinya digunakan oleh massa. 

Sejak Kamis kemarin para relawan aksi unjuk rasa berbondong-bondong menyumbang puluhan bahkan ratusan kardus air mineral, sebagai persiapan aksi unjuk rasa hari ini. Tokoh agama seperti Bachtiar Natsir telah tiba di masjid terbesar se-Asia Tenggara itu. Tidak ketinggalan pula tokoh tokoh FPI tiba di Istiqlal guna melaksanakan salat Jumat berjamaah disusul long march ke Istana Negara. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,