Massa Demonstran Kepung Istana Teriakkan Revolusi !

Massa Demonstran Kepung Istana Teriakkan Revolusi !

Istana Negara Dikepung, Massa Demonstran Serukan Revolusi. (foto - ist)

Jakarta - Aksi unjuk rasa menuntut proses hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atas dugaan penistaan agama, terpusat di depan Istana Merdeka yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat (4/11/2016). Bahkan massa meluber ke Jalan Majapahit, tepatnya di depan gedung Graha Perusahaan Perdagangan Indonesia.
 
Sempat terjadi aksi lempar botol, dari arah Jalan Majapahit karena para demonstran berusaha mendekat ke arah Istana Merdeka Jakarta. Bahkan, barikade aparat kepolisian berjaga ketat  dengan membentuk sejajar agar demonstran tak mendekati Istana.
 
Di Jalan Medan Merdeka Barat, sejumlah massa yang berorasi terus meminta Presiden Jokowi untuk menindaklanjuti proses hukum terhadap Ahok. Hadir antara lain Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, yang berdiri depan mobil bak bersama Wakil Ketua DPR Fadli Zon, dan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault.
 
Dalam orasinya, Fahri terus mendesak kepolisian memproses hukum terhadap Ahok. Menurutnya, pernyataan Ahok di Pulau Seribu melecehkan umat Islam. "Saya dari parlemen. Ini merupakan sejarah. Parlemen jalanan terbesar di Indonesia," kata Fahri saat orasi di depan Istana Medan Merdeka Barat.
 
Fahri pun meneriakkan Jokowi tidak menghargai aspirasi warga. "Kalau Presiden tak menghargai rakyatnya, apa yang akan kita lakukan?" seru Fahri ke para demonstran. "Revolusi," teriak demonstran menjawab seruan Fahri.
 
Selain Fahri dan Adhyaksa, sejumlah tokoh yang lain juga ikut dalam orasi para pengunjuk rasa di depan Istana Negara. Tampak antara lain mantan Ketua MPR, Amien Rais, Imam Besar FPI Habib Rizieq, Wakil Ketua DPR Fadli Zon.
 
Mereka juga berorasi secara bergantian. Amien Rais meminta pemerintah untuk terus mengusut dan melakukan penegakan hukum, terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
 
Setelah Amien Rais, Wakil Ketua DPR Fadli Zon ikut berorasi di unjuk rasa tersebut. Setelah itu, musisi Ahmad Dhani juga ikut berorasi. Lalu anggota DPD Fahira Idris, Ratna Sarumpaet dan Rachmawati Soekarnoputri.
 
Mereka menuntut hal yang sama, yakni meminta pemerintah melakukan pemeriksaan dan mengusut dugaan penistaan agama oleh Ahok. Tak lama Amien Rais pun tampak masuk ke Istana untuk menemui perwakilan dari Jokowi. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,