Fotografer Slovakia Sabet Award Bergengsi lewat Balifornia

Fotografer Slovakia Sabet Award Bergengsi lewat Balifornia

Dorota Holubova (kedua dari kanan) dan rekan-rekannya bersama Dubes RI untuk Slowakia, Djumantoro Purbo. (foto - dok. Liputan6.com)

Bratislava - Di kalangan jurnalis foto Slovakia nama Dorota Holubova kini mulai popular, meski baru menekuni dunia fotografi pada 2014, wanita cantik kelahiran Bratislava 14 Agustus 1989 itu belum lama ini menyabet peringkat pertama "Slovak Press Photo 2016" untuk kategori Daily Life.
 
Menariknya, foto-foto yang membawa Dorota meraih penghargaan bergengsi itu bercerita seputar kehidupan sehari-hari masyarakat Bal,i dan warga asing di Desa Canggu. "Saya tidak menyangka bisa mendapat penghargaan ini. Saya sempat kaget dan tidak percaya saat mengetahui saya juara," aku Dorota.
 
Dalam karyanya, Dorota mengangkat tema foto itu setelah tiga kali berkunjung ke Indonesia. Tujuan utamanya adalah Bali. Lewat kameranya di Pulau Dewata ia merekam kegiatan masyarakat di sana khususnya di Desa Canggu. Ia pun terpesona akan kebudayaan dan masyarakat sekitar, ketika menemukan sebuah komunitas pencinta skateboard di desa yang terletak tidak jauh dari Denpasar.
 
Di desa itu ada komunitas bernama "Pretty Poison" yang anggotanya memiliki hobi bermain skateboard di kolam renang kering. Para pemainnya pun berasal dari berbagai negara. Kegiatan itu mengingatkan dirinya dengan California Amerika Serikat. Dahulu di kota itu banyak pemain skateboard yang bermain di kolam kosong.
 
Dorota tak menyangka jika aktivitas serupa itu ada di sebuah desa di Pulau Bali. Hasil jepretannya di Desa Canggu pun ia pamerkan dalam sebuah pameran bertajuk Balifornia. Sedikitnya, 50 foto berhasil dipamerkan di Fuga Gallery, Centrum Bratislava, pada 28 September hingga 8 Oktober lalu.
 
Sebanyak 150 undangan, yang sebagian besar seniman Slovakia dan perwakilan Kedutaan RI untuk Slovakia, hadir meramaikan pembukaan pameran. Berkat kejeliannya menampilkan sisi lain dari Pulau Bali melalui "Balifornia", tujuh karya foto Dorota pada rangkaian foto itu meraih penghargaan juara pertama pada kategori Daily Life. 
 
Foto berseri itu diganjar penghargaan di ajang tahunan bergengsi "Slovak Press Photo 2016", yang diselenggarakan di Primate’s Palace Bratislava, 19 Oktober 2016. "Hari-hari ini menjadi sangat menyenangkan bagi saya. Balifornia adalah pameran foto pertama saya, sekaligus mendapatkan penghargaan profesional pertama. Saya berterima kasih atas dukungan KBRI Bratislava atas terselenggaranya pameran foto pertama saya di Slovakia," kata Dorota.
 
Ajang tahunan Slovak Press Photo merupakan penyelenggaraan penghargaan fotografi bergengsi di Slovakia. Tak hanya karena menghadirkan juri para profesional fotografer dari mancanegara, tetapi juga karena didukung penuh oleh Presiden Republik Slovakia, Presiden Dewan Nasional, Menteri Kebudayaan Slovakia dan Walikota Bratislava.
 
Penyelenggaraan tahun ini melibatkan 191 juru foto dengan 1.522 lembar foto yang dilombakan. Warga negara Indonesia (WNI) pun merasa bangga atas prestasi Dorota. Duta Besar RI di Bratislava Djumantoro Purbo menyampaikan, KBRI mendukung penuh penyelenggaraan pameran foto Balifornia.
 
Menurutnya, hal itu sebagai bentuk apresiasi terhadap profesional fotografer setempat yang menaruh minat besar pada Indonesia. "Hal itu akan semakin mempromosikan Indonesia kepada publik Slovakia," kata Djumantoro.
 
Setelah sukses dengan pagelaran foto dan penghargaan sebelumnya, rangkaian foto Balifornia akan kembali dipamerkan pada ajang 10th Year of Days of Photography di Kota Levice, Slovakia pada 2017. Rencananya akan dipamerkan juga di Perancis. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,