Pertama di Kawasan Asia, Taiwan Legalkan Nikah Sejenis

Pertama di Kawasan Asia, Taiwan Legalkan Nikah Sejenis

Ribuan Warga Taipei turun ke jalan menyuarakan pernikahan sesama jenis. (foto - Reuters)

Taipei - Menjadi negara pertama di kawasan Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis, pihak legislator Taiwan kini tengah merampungkan tiga rancangan undang-undang (RUU) yang mendukung hal tersebut.
 
Dikutip dari situs Asian Correspondent, Jumat (11/11/2016), salah satu RUU tersebut telah ditinjau dan diperkirakan bisa rampung beberapa bulan ke depan. Perubahan ketentuan hukum tersebut, juga telah disahkan oleh Presiden Tsai Ing-wen.
 
Sementara itu, dua amandemen hukum lainnya juga telah diajukan ke Badan Legislatif Taiwan, di mana dalam peraturannya diperbolehkan bagi pasangan sesama jenis untuk menikah. Pasangan gay dan lesbian pun, bahkan diizinkan untuk mengadopsi anak.
 
Menurut beberapa universitas di Taiwan yang melakukan studi terhadap Kelompok LGBT Taiwan, sekitar 80 persen kaum muda di Taiwan khususnya yang berusia 20-29 tahun mendukung pernikahan tersebut. Sedangkan 55 persen masyarakat luas mendukung dan 37 persen menentang keras.
 
Langkah untuk menerima pernikahan sesama jenis tersebut dipandang sebagai sebuah refleksi, Taiwan siap atas demokrasi multipartai dan sikap inklusif lainnya.
Hal itu juga mencerminkan, fakta 23 juta orang Taiwan sebagian besar penganut agama Buddha dan agama tradisional Cina, tidak memiliki posisi kuat dalam orientasi seksual maupun pernikahan sesama jenis.
 
"Ini langkah besar bagi sejarah hak asasi manusia. Jika Taiwan bisa melegalkannya, kami bisa menjadi contoh bagi negara Asia lainnya," kata Yu Mei-nu, tokoh politik Partai Progresif Demokratik, partainya Presiden Ing-wen. (Jr.)**
.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,