Pilot Tempur Wanita Pertama Cina Itu Tewas Saat Latihan

Pilot Tempur Wanita Pertama Cina Itu Tewas Saat Latihan

Yu Xu, pilot jet tempur perempuan pertama Cina. (foto - South China Morning Post)

Hebei - Yu Xu, salah seorang pilot perempuan pertama yang "mengunggangi" jet tempur Cina J-10, dilaprkan meninggal dunia. Ironisnya, wanita berusaia 30 tahun itu meninggal di pesawat pada saat melakukan latihan.
 
Seperti dilaporkan South China Morning Post, pesawat yang dipilotinya tiba-tiba menukik ke darat, namun Yu tak sempat memiliki banyak waktu untuk menyelamatkan diri. 
 
Namun demikian, dikutip dari Straits Time, Minggu (13/11/2016) beberapa media Cina menyatakan, Yu Xu sempat keluar dari pesawat namun tertabrak sayap jet lain.
 
Musibah tersebut terjadi di Provinsi Hebei pada Sabtu 12 November waktu setempat. Tepatnya sehari setelah Hari Angkatan Udara Cina. 
 
Sejumlah media di Cina melaporkan, Yu yang masih berusia muda itu terbang bersama pilot pria, yang berhasil selamat setelah menarik tuas keluar dari jet meski mengalami luka-luka. 
 
Yu Xu lahir di Chengdu dan merupakan anggota kehormatan tim aerobatik. Ia adalah salah seorang pilot perempuan pesawat jet pertama di Cina. 
 
Yu melamar jadi pilot di Angkatan Udara Cina pada 2005. Empat tahun kemudian, ia menjadi salah satu dari 16 pilot perempuan pesawat tempur pertama di negara itu. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,