68 Tahun Berselang Supermoon Kini Muncul di Langit Asia

68 Tahun Berselang Supermoon Kini Muncul di Langit Asia

Supermoon

California - Setelah 68 tahun berselang, kemunculan Supermoon di langit belahan Benua Asia dan Australia kali ini, dianggap sebagai yang paling besardalam sejarah, Senin (14/11/2016) malam ini. Fenomena tersebut terjadi saat bulan purnama berada dalam jarak yang sangat dekat, atau berada dalam titik terdekat dengan Bumi.

Berdasarkan laporan yang dikutip dari The Guardian, NASA menyatakan, saat ini bulan akan menjadi "super istimewa". Sebab saat inilah waktu yang paling dekat dengan Bumi, sejak 1948 dan kita tidak akan melihat lagi seperti itu sampai 2034.

Laporan yang tertulis di Sydney Morning Herald menyebutkan, ribuan orang menuju Pantai Bronte di Sydney, untuk menyaksikan fenomena alam yang sangat jarang tersebut. Namun, sayangnya sebagian besar awan menggantung di pantai, sehingga sedikit banyak mengurangi kejelasan penampakan Supermoon.

Namun demikian di Queensland dan Australia Barat, Supermoon sudah terlihat menerangi langit malam di sana. Fotografer amatir, keluarga dan penggemar astronomi pun berdesakan untuk mengambil posisi tepat, demi mengabadikan momen langka tersebut di Brisbane lookout Mount Coot-tha.

Pertunjukan khusus diselenggarakan oleh sekelompok astronomi, dengan salah satu anggota kelompoknya berasal dari Yogyakarta. Mereka bersiap menaiki atap markas klub mereka untuk mendapatkan momen datangnya Supermoon dari atas gedung-gedung bersejarah di kota Taiwan. 

Sementara itu, para astronom profesional bersiaga di observatorium di seluruh wilayah untuk menjelaskan fenomena ini kepada publik yang merasa penasaran. "Kami mengundang para siswa ke sini, ada banyak orang yang ingin datang," kata Mario Raymundo, Kepala Observatorium Utama pemerintah Filipina.

Pada sisi lain, di Thailand astrolog dari berbagai daerah memprediksi Supermoon kali ini akan membawa bencana atau keberuntungan besar. Soraja Nuan-yoo, terkenal akan prediksi tsunami tahun 2004, yang menewaskan banyak orang di Thailand dan negara-negara lain seputaran Samudera Hindia. Soraja selalu memperingatkan, ketika bulan akan dekat dengan Bumi, berarti bencana alam akan terjadi.

Untuk mendapatkan tampilan terbaik, Pascal Descamps dari Observatorium Paris merekomendasikan masyarakat agar memilih tempat dengan landmark terkenal di barisan terdepan. Sedangkan di Inggris, peramal cuaca mengatakan, malam ini adalah kesempatan terbaik untuk menyaksikan Supermoon di Skotlandia timur, utara-timur Inggris, utara-timur Wales dan timur Irlandia Utara. (Jr.)**

.

Categories:Unik,
Tags:,