Lembang - Cisarua Putus, Longsor di Jalan Kolonel Masturi

Lembang - Cisarua Putus, Longsor di Jalan Kolonel Masturi

Tanah longsor menimbun Jalan Kolonel Masturi Lembang Kabupaten Bandung Barat. (foto - ist)

Bandung - Longsor menutupi badan jalan di Jalan Kolonel Masturi, tepatnya di Kampung Kramat Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Minggu malam. Akibat longsor tersebut jalur Lembang-Cisarua di Kabupaten Bandung Barat terputus. 

Longsor di Jalan Kolonel Masturi terjadi sekitar pukul 19.15 WIB, menyusul longsor sebelumnya yang terjadi pada sore hari di lokasi yang berdekatan. Longsor kedua berasal dari tebing setinggi 70 meter yang menutupi badan jalan. Di sekitar lokasi, juga terjadi retakan di jalan sepanjang 50 meter. Sejauh ini, material longsor belum disingkirkan.

Menurut Bupati Bandung Barat Abubakar, ia telah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat dan Dinas Bina Marga KBB, untuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dalam menangani longsor di Jalan Kolonel Masturi. "Sebab, itu adalah jalan provinsi, sehingga harus ada koordinasi dengan pemprov," kata Abubakar saat meninjau lokasi, Senin (14/11/2016).

Ia mengimbau, masyarakat terutama yang tinggal di wilayah perbukitan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam. Sebab, curah hujan tinggi memicu terjadinya berbagai bencana alam 

Sementara itu, Camat Lembang Slamet Nugraha menuturkan, longsor terjadi di beberapa titik di Lembang. Selain di Jalan Kolonel Masturi, longsor juga terjadi di Desa Gudangkahuripan dan Jayagiri. 

Di Kampung Sukaluyu, Desa Jayagiri, longsor terjadi pada Minggu 13 November 2016 menimpa rumah milik Didi Harijadi (45). "Tidak ada korban jiwa akibat longsor ini. Hanya yang paling menghambat adalah di Jalan Kolonel Masturi ini, sebab akses jalan terputus," katanya. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Kabupaten Bandung Barat Dicky Maulana mengungkapkan, hingga kemarin, material longsor di Jalan Kolonel Masturi belum disingkirkan. Hal itu disebabkan kekhawatiran akan terjadinya longsor susulan mengingat terjadi pergerakan tanah sepanjang 100 meter di atas tebing. 

Ia menambahkan, longsor juga sempat menutupi badan jalan di Kampung Pasirsereh Desa Cihideung, Kecamatan Lembang. Namun, sejak kemarin jalur itu sudah bisa dilalui. Dengan ditutupnya jalur Lembang-Cisarua, kendaraan dari arah Lembang dialihkan menuju Ledeng-Jalan Terusan Sersan Bajuri-Cihideung Parongpong. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,