Ratusan Wisatawan Terseret Air Bah di Salo Marunge Sulsel

Ratusan Wisatawan Terseret Air Bah di Salo Marunge Sulsel

Pemandian air terjun Salo Merunge di Desa Ureng Kecamatan Palakka Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. (foto - ist)

Bone - Air bah menyapu ratusan pengunjung di tempat wisata pemandian Sungai Marunge, yang terletak di Dusun Lawere Desa Ureng Kecamatan Palakka Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, pada Minggu.
 
Menurut Kapolres Bone AKBP Raspani, insiden meluapnya air Sungai Marunge terjadi sekitar pukul 15.30 Wita. Pengunjung yang sedang asyik menikmati pemandian mendadak tersapu air bah hingga tak sempat menyelamatkan diri.

"Sudah 91 orang berhasil dievakuasi dan diperkirakan masih ada belasan korban yang hanyut terbawa arus air bah tersebut," kata Raspani, Senin (14/11/2016).

Tim Basarnas Kabupaten Bone dan Sar Detasemen C Pelopor Brimob Kabupaten Bone kemudian menyisir dan mengevakuasi para korban. "Seorang di antara korban yang berhasil dievakuasi ditemukan tewas dan jenazahnya telah dibawa ke RSUD Tenriawaru Watampone, Kabupaten Bone," katanya.

Korban yang tewas bernama Musdalifah (26), warga Kelurahan Palette Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Jenazahnya ditemukan sekitar tiga kilometer dari lokasi awal terseret arus air bah.
 
Selain itu, lanjut Raspani, tim SAR gabungan yang dibantu warga sekitar juga mengevakuasi seorang korban pria lainnya dalam keadaan tersangkut di pepohonan.

"Korban lainnya, suami dari Musdalifah yakni Sukri (30), warga Palette Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, berhasil dievakuasi dengan selamat, dan saat ini tengah dirawat di RSUD Watampone," katanya.

Proses pencarian korban sempat dihentikan karena kondisi larut malam. Sebagai langkah antisipasi, objek wisata Permandian Salo (Sungai) Merunge ditutup untuk sementara waktu, selama proses evakuasi berlangsung. " Objek wisata Salo Marunge awalnya diketahui warga beberapa pekan terakhir melalui media sosial," tambah Raspani. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,