DPRD DKI Jakarta Siap Lantik Ahok Sebagai Gubernur

DPRD DKI Jakarta Siap Lantik Ahok Sebagai Gubernur

DPRD DKI Jakarta Siap Lantik Ahok Sebagai Gubernur

Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengaku siap melaksanakan pelantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk melantik Pak Ahok siap saya laksanakan, tanpa mengurangi rasa hormat kepada anggota dewan yang tidak setuju," kata Prasetyo di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (11/11/2014).

Pria yang akrab disapa Pras itu mengatakan sebagai langkah awal dari pelaksanaan instruksi tersebut, dia akan menggelar rapat pimpinan pada Kamis (13/11/2014).

"Rapat itu digelar untuk membicarakan masalah pelantikan Pak Ahok. Kemudian, pada Jumat (14/11) akan diadakan Rapat Paripurna untuk mengumumkan secara resmi terkait pelantikan beliau sebagai Gubernur DKI Jakarta," ujar Pras.

Sementara itu, terkait perbedaan pendapat yang terjadi di dalam tubuh dewan mengenai pengangkatan Ahok, dia menilai hal tersebut sebagai sesuatu yang wajar.

"Perbedaan pendapat itu biasa terjadi, jadi wajar saja. Akan tetapi, yang harus diingat adalah biar bagaimana pun, aturan harus tetap dipatuhi, dan pelantikan Pak Ahok harus dilaksanakan," tutur Pras.

Lebih lanjut, apabila ada anggota dewan yang masih keberatan dengan pengangkatan Ahok, dia mengimbau agar masalah penolakan tersebut diselesaikan di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalau memang masih ada yang merasa keberatan, silakan diselesaikan di MK. Yang pasti, keputusan Mendagri untuk melantik Pak Ahok harus dilakukan. Apabila tidak dilaksanakan, maka artinya kita melanggar konstitusi," ungkap Pras. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,