Gubernur Diminta Desak Wali Kota Gratiskan Pendidikan di Kota Bandung

Gubernur Diminta Desak Wali Kota Gratiskan Pendidikan di Kota Bandung

pendidikan gratis

Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dan wakilnya Deddy Mizwar (Demiz) diminta untuk mendesak Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, agar menggratiskan biaya pendidikan hingga SMA/SMK/Ma di Kota Bandung.

Tuntutan tersebut disampaikan puluhan massa yang melakukan aksi unjukrasa di depan Gedung Sate Jln. Diponegoro Bandung, Selasa (02/09/2014). Kelompok massa ini tergabung dalam gerakan rakyat peduli pendidikan Kota Bandung.

Menurut Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Kota Bandung, Iwan Hermawan, latar belakang mengapa pihaknya mendesak gubernur dan wagub. Sebab dalam kampanyenya di pilgub beberapa waktu lalu, Aher dan Demiz berjanji akan menggratiskan sekolah dari SD hingga SMA/SMK/MA jika terpilih.

“Namun kenyataannya setelah 2 tahun menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur, baru ada 20 kota/kabupaten yang telah melaksanakan sekolah gratis hingga SMA/SMK/MA. Ironisnya Kota Bandung yang partai politiknya linear dengan gubernur belum menggratiskan. Bahkan sekolah di Kota Bandung tercatat sebagai yang  termahal di Jabar,” katanya.

Sebab itu, FAGI menurut Iwan, menuntut agar Aher dan Demiz memberikan tekanan ke Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, untuk segera menggratiskan sekolah di wilayah Kota Bandung. Karena bagaimanapun sudah seharusnya Kota Bandung menjadi contoh bagi kota/kabupaten lain di Jawa Barat terkait sekolah gratis tersebut.

Dalam aksinya massa yang tergabung dalam beberapa organisasi pendidikan tersebut melakukan aksi unjuk rasa dengan berorasi secara bergantian. Tak hanya itu, mereka pun menggelar beberapa tulisan di atas kertas berisikan desakan agar gubernur dan wagub bisa menggratiskan biaya pendidikan di semua kota/kabupaten.

Sebelum melakukan aksi ke Gedung Sate, tambah Iwan,  pihaknya sudah beberapa kali datang ke Pemkot Bandung. Tetapi  Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil tersebut, tidak bisa memenuhi harapan yang diinginkan komunitas pendidikan di Kota Bandung.

"Waktu itu Emil hanya bilang kita tidak pernah berjanji, yang janji adalah gubernur dan wakilnya. Sebab itulah kita  ke sini (Gedung Sate, red) menagih janji, kita harap gubernur bisa menekan kepada Kota Bandung agar menggratiskan pendidikan sampai SMA dengan memberikan biaya operasi pendidikan setidaknya biaya standar Rp 4.300.000/siswa untuk Kota Bandung. Selain itu untuk BOS jangan Rp 200.000 minimal Rp 1 juta,  sebab APBD pendidikan 20 persen bisa mencapai Rp 3 triliun," katanya.

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,