Belasan Ribu Warga Mengungsi Karawang Diterjang Banjir Hebat

Belasan Ribu Warga Mengungsi Karawang Diterjang Banjir Hebat

Sejumlah perumahan di Kabupaten Karawang diterjang banjir hebat. (foto - Twitter)

Karawang - Sejumlah perumahan di Kabupaten Karawang terendam, dampak dari luapan Sungai Citarum dan Sungai Cibeet hingga mengakibatkan banjir besar. Kepala BPBD Karawang Asip Suhendar menyebutkan, banjir merendam 5.789 unit rumah, dan menyebabkan 13 ribu jiwa mengungsi.
 
Ketinggian banjir mulai surut dari 2 meter menjadi sekitar 40 cm. Hal itu membuat warga di dua perumahan, yakni Perum Karaba dan Perum Bintang Alam mulai kembali ke rumah. Mereka hendak melihat kondisi rumah sambil mengecek harta benda yang tersisa.
 
"Kalau barang elektronik otomatis rusak karena terendam. Namun yang lain, seperti perabotan tinggal membersihkannya saja," kata Agus, salah seorang warga Perum Bintang Alam, Rabu (16/11/2016).

Warga lainnya sibuk membersihkan lumpur sisa genangan banjir. Mereka berusaha membersihkan rumah sambil berharap agar banjir susulan tidak terjadi. "Kalau tinggal lagi di rumah belum berani karena khawatir kalau Sungai Citarum meluap lagi dan terjadi banjir susulan," kata warga lainnya.
 
Mereka mengaku cemas lantaran cuaca belum sepenuhnya membaik. Apalagi, debit air di Sungai Citarum yang melintas di sekitar perumahan masih tinggi.

Warga korban banjir berharap, ke depan banjir tahunan tersebut tidak lagi terjadi. Mereka meminta Pemkab Karawang mengantisipasi banjir, antara lain dengan membuat tanggul di sepanjang Sungai Citarum yang melintas permukiman dan perumahan.

"Kalau tiap tahun terus terkena banjir masyarakat mau bagaimana? Saya juga berharap agar penanganan banjir tidak semata bahan berjualan untuk pemimpin Karawang mendatang, saat melakukan kampanye agar terpilih," kata Iman Nurjaman, salah seorang warga korban banjir di Perum Karaba. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,