Gunungkidul Digoyang Gempa Dua Kali dalam Dua Hari

Gunungkidul Digoyang Gempa Dua Kali dalam Dua Hari

Gunungkidul Diguncang Gempa Dua Kali dalam Dua Hari.

Yogyakarta Warga Gunungkidul Yogyakarta kembali diguncang gempa berkekuatan 5,3 pada skala Richter, dari kedalaman 10 km di Barat Daya. Berbeda dengan gempa kemarin, guncangan gempa kali ini terasa lebih kuat meski hanya berlangsung selama empat detik.

Meski sempat membuat panik warga, BPBD Gunungkidul menyatakan belum ada laporan kerusakan yang diderita warga. Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Budhi Harjo mengatakan, pihaknya masih mendata laporan kerusakan dari gempa berkekuatan 5,3 SR itu.

"Laporan yang masuk belum ada kerusakan akibat gempa," katanya, Jumat (18/11/2016). Menurutnya, sebagian besar warga Gunungkidul merasakan gempa yang terjadi pagi hari tadi. Intensitas gempa dari peta guncangan dirasakan hanya III MMI atau II SIG. Artinya, gempa ringan.

Budhi berharap, masyarakat tetap tenang dan waspada serta tidak terpancing isu menyesatkan. "Masyarakat tadi sempat ada yang panik dan ke luar rumah," ungkapnya.

sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Gefisika dan Klimatologi (BMKG) Yogyakarta Toni Agus Wijaya mengatakan, gempa yang berpusat di laut itu tidak berpotensi tsunami. 

Gempa berkekuatan 5.3 SR terjadi pukul 09:19:29 WIB, dengan lokasi gempa 8.87 LS, 110.57 BT atau 93 km Barat Daya Gunungkidul di kedalaman 10 Km. "Gempa berpusat di laut, dan tidak berpotensi tsunami," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,