Longsor di Cibolang Memutus Jalan Penghubung Desa

Longsor di Cibolang Memutus Jalan Penghubung Desa

Petugas menangani longsoran di Kampung Cibolang Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. (foto - ist)

Bandung - Kawasan Bandung utara kembali melanda longsor, tepatnya di Kampung Cibolang Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Longsor menimbun jalan desa sepanjang 25 meter, sehingga menutup akses jalan desa.
 
Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah KBB Dicky Maulana, longsor dari tebing setinggi 50 meter itu terjadi pada Kamis sore sekitar pukul 17.00 WIB. Akibat longsor tersebut, akses jalan penghubung Desa Mekarwangi dan Desa Jambudipa terputus.
 
"Meski dalam kejadian itu tidak ada korban, hingga sekarang ini akses jalan masih belum bisa dilalui. Warga pun harus mengambil jalan alternatif dengan arah memutar yang jaraknya cukup jauh," katanya, Jumat (18/11/2016).
 
Dicky menjelaskan, sejumlah petugas sudah berupaya membersihkan material longsoran bersama dengan masyarakat setempat. Namun karena volume longsor yang besar ditambah kendala cuaca, menyebabkan areal longsor belum sepenuhnya bersih.
 
Longsor di lokasi tersebut bukan pertamakali terjadi. Pada 31 Oktober lalu, longsor juga terjadi dan menimbun badan jalan desa tersebut. "Kondisi tanah memang labil, sehingga rawan longsor," katanya.
 
Untuk mengantisipasi longsor susulan, rencananya akan dilakukan pemapasan di areal tebing dengan menggunakan alat berat. Namun, saat ini penggunaan alat berat belum bisa dioptimalkan karena terbagi untuk mengatasi longsor di Jalan Kolonel Masturi Desa Cikahuripan Lembang. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,