Empat Orang Tewas, Helikopter Patroli Jatuh dan Meledak

Empat Orang Tewas, Helikopter Patroli Jatuh dan Meledak

Empat orang tewas dalam kecelakaan helikopter patroli yang jatuh dan meledak di Brasil. (foto - AP)

Rio de Janeiro - Helikopter kepolisian Rio de Janeiro Brasil yang tengah berpatroli mendadak berputar tak tentu arah, sebelum akhirnya menukik jatuh dan meledak. Akibatnya, seluruh penumpang yang terdiri atas empat polisi tewas dalam kecelakaan tersebut.
 
Seperti dilansir Reuters, Minggu (20/11/2016) helikopter tersebut jatuh di ruang terbuka dekat jalan raya utama Rio de Janeiro, yang dikenal juga sebagai Kota Tuhan. Belum diketahui penyebab kecelakaan helikopter tersebut, tetapi isu yang beredar mengaitkan aksi baku tembak dalam negeri Brasil sebagai penyebabnya.
 
Sejauh ini, belum bisa dipastikan mengenai helikopter tersebut ditembak jatuh atau ada penyebab lain. Dalam pernyataan resminya polisi hanya menjawab, mereka tengah melakukan penyelidikan. Petugas pemadam kebakaran juga tengah sibuk mengeluarkan jenazah dari reruntuhan helikopter, ketika dimintai keterangan pada Sabtu sore waktu setempat.
 
Kota Tuhan atau  Rio de Janeiro di Brasil, diketahui tengah bergejolak. Baku tembak antara penegak hukum dan para mafia jalanan mewarnai keseharian penduduknya. Kecelakaan itu terjadi sehari setelah peningkatan konflik antarkedua pihak, sehingga ada pihak yang mengaitkan dua insiden tersebut.
 
Hal itu memang tidak bisa dikesampingkan, karena pada 2009 insiden serupa pernah terjadi. Penjahat yang tengah bertukar peluru dengan polisi, untuk pertamakalinya mendapat ide menembak jatuh transportasi udara petugas.
 
Kelompok kriminal sendiri cepat menjamur di kota kedua terbesar di Negeri Samba tersebut, karena adanya krisis perekonomian. Brasil saat ini terjerat resesi ekonomi parah, yang mengakibatkan angka pengangguran semakin tinggi hingga pengelola keuangan publik kewalahan.
 
Dalam setahun terakhir, polisi Rio sejatinya telah berhasil menekan perdagangan narkoba dan perkelahian antargeng. Meski begitu, tingkat kejahatan terus memburuk.
 
Sementara Pemerintah Brasil bertanggung jawab atas keamanan lebih dari 16 juta orang di Rio sendiri, tetapi anggaran pertahanannya defisit hingga lima miliar poundsterling. Angka pembunuhan di Rio pun meningkat 18 persen sejak September, tepatnya pemerintah mencatat ada 3.649 laporan kematian tahun ini. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,