Warga Berhamburan Saat Alor NTT Diguncang Gempa 5,0 SR

Warga Berhamburan Saat Alor NTT Diguncang Gempa 5,0 SR

Warga Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sekitarya berhamburan keluar rumah ketika diguncang gempa 5,0 pada skala Richter (SR), Senin malam. (foto - ilustrasi)

Kupang Warga Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sekitarya berhamburan keluar rumah, ketika wilayah ini diguncang gempa berkekuatan 5,0 pada skala Richter (SR), Senin malam.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa yang terjadi pada pukul 18.34 Wita tersebut, berada pada titik koordinat 8.68 Lintang Selatan dan 124.53 Bujur Timur, di kedalaman 10 km dasar laut.

Guncangan kuat dirasakan di Mali dan Kalabahi, dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (III-IV MMI). Artinya, gempa cukup dirasakan warga.

"Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak. Bahkan beberapa warga berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri," kata Kepala BMKG NTT Hasanudin, Senin malam (21/11/2016). "Sejauh ini, belum ada laporan adanya kerusakan akibat guncangan gempa bumi," katanya.

Menurutnya, hingga saat ini belum terjadi aktivitas gempa susulan. "Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG." 

"Khusus masyarakat di daerah pesisir selatan Kabupaten Alor diimbau agar tidak terpancing isu, karena gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," tegas Hasanudin. Ditinjau dari kedalaman hiposensternya, gempa bumi tersebut cukup dangkal akibat aktivitas patahan lokal. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,