Gelombang Tsunami di Sendai Terekam Setelah Gempa 7,4 SR

Gelombang Tsunami di Sendai Terekam Setelah Gempa 7,4 SR

Gelombang tsunami tampak sesaat setelah diguncang gempa pa bumi 7,4 SR di Sendai Fukushima Jepang. (foto - EPA)

Fukushima - Warga yang berada di pusat gempa di Fukushima Jepang tersentak dan berhamburan keluar rumah mencari perlindungan, setika gempa berkekuatan 6,9 pada skala Richter mengguncang Jepang, Selasa pagi pukul 06.00 WIB.

Guncangan tersebut dilaporkan Badan Meteorologi Jepang sebenarnya mencapai 7,4 SR. Pemerintah pun mengeluarkan peringatan bahaya tsunami. Hal itu disaksikan sendiri oleh warga dan diabadikan dengan kamera ponsel.

Dilansir Express, Selasa (22/11/2016).Meski kini peringatan bahaya tsunami telah diturunkan, gelombang pasang yang dikhawatirkan itu ternyata sempat menampakkan diri. Gelombang air dalam kecepatan tinggi dan menggulung naik ke sungai-sungai di kawasan episentrum.

Ribuan orang diminta untuk mengungsi, sedangkan 14 orang dinyatakan mengalami luka. Antara lain dua perempuan berusia di atas 80 tahun dan seorang nenek berusia 60-an yang mengalami cedera serius.

"Kami melihat gelombang tinggi, tetapi tidak ada yang sampai naik melampaui batas tanggul,” kata seorang penduduk di Iwaki, kota yang berjarak tempuh kurang dari dua jam ke Fukushima.

Gelombang pasang terpantau mencapai 1,3 meter, menghantam daratan Sendai. Jaraknya sekitar 45 mil di utara Fukushima. Meski bahaya sudah lewat, Badan Geologi AS (USSG) mengimbau warga agar tetap waspada, karena gempa susulan masih akan terjadi selama beberapa hari ke depan.

"Perlu dipahami, penduduk di kawasan ini masih berjuang memulihkan diri dari trauma gempa bumi berdampak tsunami pada 2011. Dampaknya sangat mengena secara sosio-psikologis bagi para korban selamat,” sebut pakar pengelola bencana di Universitas Sydney, Dale Dominey-Howes. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,