Pemilik Proyek Hotel di Jalan Dago Terancam Denda Rp 17 M

Pemilik Proyek Hotel di Jalan Dago Terancam Denda Rp 17 M

Walikota Bandung Ridwan Kamil beserta jajarannya ketika melakuka penyegelan tiga lantai teratas pembangunan hotel di Jalan Ir. H Djuanda (Dago) No. 69 Bandung. (foto - ist)

Bandung - Pemilik proyek pembangunan hotel di Jalan Ir. H Djuanda (Dago) No. 69 Bandung, terancam denda sebesar Rp 17 miliar. Keputusan final sanksi pelanggaran izin mendirikan bangunan (IMB) itu bakal dirumuskan oleh tim, yang dibentuk Pemkot Bandung.
 
Menurut Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung Maryun Sastrakusumah, besaran denda yang diberikan kepada pemilik hotel, didasarkan atas hitungan luas bangunan yang melanggar, kekurangan lahan terbuka dan nilai jual objek pajak.
 
"Setelah dihitung, besarannya mencapai Rp 17 miliar. Bagaimana nanti rumusannya, apakah berupa bayar denda atau berbentuk barang, itu ditentukan tim," katanya saat penyegelan proyek hotel bersama Walikota Bandung Ridwan Kamil, Rabu (23/11/2016).
 
Denda itu tidak harus dibayarkan dalam bentuk uang. Denda bisa diwujudkan dengan barang, seperti infrastruktur sekolah atau lahan yang diperuntukkan ruang terbuka hijau. Beberapa kasus pelanggaran IMB berujung pada sanksi pembangunan infrastruktur sekolah.
 
Sanksi berupa denda merupakan satu dari dua opsi terhadap pelanggaran berat IMB. Satu lagi sanksi, perobohan tiga lantai teratas bangunan hotel. Namun, sanksi ini dinilai terlalu riskan karena terkait isu keselamatan nantinya.
 
Kedua sanksi itu, lanjutnya bisa memberikan efek jera bagi para pengusaha bandel, yang nekat melanggar aturan perizinan. "Kita tetap memprioritaskan sanksi yang mampu memberikan efek jera, sehingga pelanggaran serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang," tegasnya.
 
Sementara itu, manajer proyek Antonius Istiono enggan memberikan konfirmasi soal penyegelan tiga lantai teratas hotel. Pemkot Bandung juga tak mengungkap identitas hotel yang disegel. Belum diketahui apakah hotel ini dibangun dari pemodal lokal atau nasional. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,