Heboh 'Bola Api' Melintas di Langit Florida Terekam Warga

Heboh 'Bola Api' Melintas di Langit Florida Terekam Warga

Penampakan bola api dari kamera di mobil. (foto - Venice Police Departement)

Florida - Sejumlah warga di Florida Amerika Serikat mendapati pemandangan yang mengejutkan. Berupa meteor yang berapi tengah berkobar melintas di langit, pada Senin malam lalu sekitar pukul 23.00 waktu setempat.
 
Kamera CCTV merekam meteor yang terlihat di seluruh penjuru negara itu, saat memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan 40.000 mph (mil per jam).
 
Dikutip dari Daily Mail, Kamis (24/11/2016) berdasarkan keterangan dari American Meteorological Society menyebutkan, penampakan itu terekam di kamera lebih dari 150 orang warga. Membentang dari Key West hingga ke Florida Panhandle.
 
Salah satu yang berhasil merekam penampakan meteor pada kameranya, yakni Christopher Scurby dari Largo di Suncoast. Kamera dasbor yang melekat di mobil patroli polisi di Venesia dan Polisi North Port itu pun menangkap momen yang menakjubkan tersebut.
 
Kilatan cahaya diyakini telah disebabkan oleh meteor dalam kecepatan tinggi, yang masuk ke atmosfer Bumi. Air beku dan karbondioksida akan cepat berkembang dan kemudian menguap lalu menyala.
 
Namun, sepertinya meteor itu tak menyebabkan kerusakan saat mendarat meski kehadirannya terlihat hampir di seluruh negara bagian. "Meteor itu terlihat 46 mil di atas Teluk Meksiko dan 8 mil dari Sarasota. Lalu pindah sedikit ke utara di bagian barat, sebelum hancur pada ketinggian 15 mil," kata Bill Cooke, dari Marshall Space Flight Center  kepada mysuncoast.
 
Laporan penampakan meteor di langit malam itu tak hanya heboh di Florida. Orang-orang di negara tetangga, Alabama juga melaporkan melihat meteor. Selain itu warga di Atlanta, Georgia pun menyaksikan hal yang sama. Bola api itu diklasifikasikan sebagai bolide bukan superbolide. Benda langit itu terlihat lebih terang dari meteor pada umumnya.
 
Menurut American Meteorological Society, bola api sedang melakukan perjalanan dari Tenggara ke Barat Laut dan berakhir di laut di sisi timur Anna Maria Island. Meski demikian muncul spekulasi, bola api itu adalah invasi alien. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,