Fidel Castro Meninggal Dunia dalam Usia 90 Tahun

Fidel Castro Meninggal Dunia dalam Usia 90 Tahun

Foto mantan presiden Kuba Fidel Castro dipajang di pusat pameran Expocuba pada persiapan ulang tahunnya yang ke-90 di Havana, Kuba beberapa waktu lalu. (foto - Reuters)

Kuba - Mantan Presiden Kuba Fidel Castro menghembuskan napas terakhir, dalam usia 90 tahun, Jumat pukul 22.29 waktu setempat.

Seperti diberitakan BBC, Sabtu (26/11/2016) belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai kematian pemimpin revolusi komunis tersebut. 

Sementara  AFP melansir, kabar duka disampaikan sang adik Presiden Kuba, Raul Castro, lewat siaran pada televisi nasional. "Panglima tertinggi revolusi Kuba itu meninggal dunia Jumat pukul 22.29," kata Raul.

Seperti diketahui, Fidel Castro memimpin Kuba selama hampir 50 tahun. Castro kemudian menyerahkan tampuk kepresidenannya ke adiknya, Raul pada tahun 2008.

Para pendukung Castro memujinya sebagai pria yang mengembalikan Kuba kepada rakyatnya. Namun demikian, lawan politik Castro menuduhnya dia melakukan berbagai tindakan brutal dalam menekan oposisi.

Castro sendiri hidup cukup lama untuk menyaksikan mencairnya hubungan antara Kuba dengan Amerika Serikat. Dikutip dari CNN, Presiden AS Barack Obama mengumumkan akan mengangkat embargo atas Kuba, yang telah berlangsung selama 52 tahun. Pemulihan hubungan diplomatik kedua negara dijadwalkan pada Desember. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,