Atasi Banjir Pemkot Bangun Terowongan Curug Cijompong

Atasi Banjir Pemkot Bangun Terowongan Curug Cijompong

Di Curug Cijompong akan dibangun terowongan air untuk atasi masalah banjir Kota Bandung. (foto - Google)

Bandung - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berama Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, berencana membangun terowongan air senilai Rp 400 miliar di kawasan Curug Jompong, Bandung Selatan. Proyek itu untuk mengatasi masalah banjir khususnya di sekitar Bandung. 
 
Menurut Menteri Pekerjaan PUPR Basuki Hadimuljono, nantinya terowongan akan menjadi aliran air dari wilayah hulu ke hilir. "Saya ketemu Pak Emil di Aceh. Sudah didesain, sudah ada lokasinya dalam rangka pengendalian banjir Bandung. Kita akan bikin terowongan di Curug Jompong, untuk mengalirkan Sungai Citarum karena terhambat. Makanya Baleendah banjir terus," ujarnya di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/11).
 
Iamenyatakan, selama ini aliran air dari wilayah hulu ke hilir sering mengalami hambatan karena kontur wilayah Bandung yang berbentuk cekungan. Sementara, upaya pengerukan sungai dinilai kurang efektif dalam upaya mengatasi banjir tersebut.
 
"Ini lokasi kaya ambang dia kena hambatan, sehingga kita bikin terowongan. Kalau kita keruk, ini seperti sekarang lagi (banjir lagi) makanya di hulu dengan KLHK ditangani, karena di sana ada perkebunan itu juga sedimentasi. Kalau hanya dikeruk, dua tahun kembali banjir," katanya.
 
Menurut Menteri Basuki, pembangunan terowongan tersebut diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp 400 miliar. Apabila tidak ada hambatan, terowongan tersebut diharapkan bisa selesai pada 2018.
 
"Sudah didesain, mudah-mudahan 2017 kita bisa mulai. Anggaran dari APBN 2017. Tidak ada pembebasan lahan, karena terowongan. Kita juga bikin sodetan Cisangkuy untuk atasi banjir Baleendah," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,