Israel Tangkap Belasan Warga Palestina Terkait Kebakaran

Israel Tangkap Belasan Warga Palestina Terkait Kebakaran

Pemerintah Israel meningkatkan upaya pemadaman akibat meluasnya kebakaran yang melanda sejumlah besar wilayah hutan. (foto - ist)

Tel Aviv - Semakin meluasnya kebakaran di Israel, membuat pemerintah setempat meningkatkan upaya pemadaman, yang melanda sejumlah besar wilayah hutan dan memaksa ribuan orang mengungsi. Dilaporkan, pihak berwenang telah menangkap lebih dari 10 warga Palestina, yang diduga melakukan pembakaran.

Petugas pemadam kebakaran Israel dan Palestina dibantu tim darurat dari Yunani, Siprus, Kroasia, Italia, Rusia dan Turki berusaha keras memadamkan kobaran api. Meski sebagian besar titik api telah berhasil dipadamkan, kebakaran baru yang menyebar di bagian utara dan tengah Israel dan sebagian wilayah Tepi Barat telah berkobar selama lima hari berturut-turut.

Dilansir Reuters, Minggu (27/11/2016) cuaca yang kering dan angin timur membantu mengobarkan api yang mulai menjalar sejak Selasa lalu ke seluruh negeri. Perdana Menteri (PM) Benyamin Netanyahu mengatakan, peristiwa itu adalah sebuah terorisme pembakaran, dan beberapa kebakaran tampak dipicu dengan sengaja.

Keterangan militer Israel menyebutkan, pasukan keamanan telah menangkap lebih dari 10 warga Palestina, yang diduga sebagai pelaku pembakaran dalam beberapa hari terakhir. Tiga di antara mereka tertangkap dengan membawa dua botol bensin, sarung tangan dan pemantik api.

Sementara itu, pimpinan Palestina belum memberikan respons resminya mengenai penangkapan itu. Namun, politikus Arab Israel Ayman Odeh menolak anggapan, warga Arab bertanggung jawab atas kebakaran tersebut. Ayman menuduh Pemerintah Israel memanfaatkan situasi, yang terjadi untuk melakukan penghasutan terhadap warga minoritas Arab. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,