Gunung Berapi Popocatepetl Meksiko Muntahkan Erupsi

Gunung Berapi Popocatepetl Meksiko Muntahkan Erupsi

Gunung berapi Popocatepetl di Meksiko meletus muntahkan erupsi. (foto - ist)

Mexico City - Gunung berapi Popocatepetl di Meksiko meletus lebih dari 300 kali, dalam 24 jam terakhir ini. Popocatepetl memuntahkan abu vulkanik, asap dan gas hingga membumbung tinggi ke udara.
 
Aktivitas tersebut bermula pada Jumat 25 November siang waktu setempat, hingga Sabtu 26 November 2016.
 
Dilaporkan Russia Today, Senin (28/11/2016) otoritas mengingatkan agar warga menjauhi abu vulkanik tersebut terutama bagian kawahnya, karena diyakini akan memuntahkan bebatuan besar. Abu vulkanik diprediksi akan menyelimuti sejumlah kota di sekitar Gunung Popocatepetl.
 
Direktur Badan Perlindungan Sipil Meksiko, Luis Felipe Puente mengunggah gambar-gambar erupsi gunung tersebut ke akun Twitter. Gunung Popocatepetl sempat non-aktif selama beberapa dekade sebelum meletus pada 1994.
 
Sejak itu, gunung yang terletak 70 kilometer (km) di tenggara Mexico City itu cukup aktif. Popocatepetl terakhir kali erupsi pada April 2016.
 
Sementara itu, Gunung berapi Colima juga meletus pada Oktober 2016. Letusan salah satu gunung berapi paling aktif di Amerika Utara itu menyebabkan lebih dari 300 orang mengungsi ke tempat yang lebih aman. 
 
Anggota Badan Nasional Pertahanan Sipil Militer Meksiko dan Unit Perlindungan Warga Sipil, dikerahkan untuk mengawal penduduk ke tempat penampungan sementara yang jauh dari bahaya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,