Di Bawah RMA Belasan Diler Ford Hanya Jual Suku Cadang

Di Bawah RMA Belasan Diler Ford Hanya Jual Suku Cadang

Di Bawah RMA Group Belasan Diler Ford Hanya Jual Suku Cadang. (foto - ist)

Jakarta - PT Ford Motor Indonesia (FMI) selaku agen pemegang merek Ford di Indonesia, memutuskan menutup kuku bisnisnya. Ford Motor Company selaku principal kemudian menunjuk RMA Group, untuk melayani pelanggan yang ada di Tanah Air.
 
Apabila sebelumnya 31 diler memilih untuk menuntut ganti rugi Rp1 triliun, kini tak lagi demikian. Kedua pihak memilih untuk berdamai tanpa dibeberkan hasil kesepakatan keduanya.
 
Namun demikian, pascahengkangnya FMI dan kini diambil-alih RMA Group, belasan diler di bawah Nusantara Ford kini tampak miris kondisinya. Mereka hanya menjual suku cadang tanpa ada unit baru Ford. Jika mereka masih jualan, hanya menghabiskan stok yang ada di Nusantara Ford.
 
Menurut salah seorang sumber, RMA kini hanya memiliki peran sebagai aftersales. Sementara itu, untuk unit baru, tidak. "Kalau di sales, unit baru masih tetap rilis stok, karena enggak ada unit yang masuk lagi. Jadi memang enggak ada untuk pemesanan baru," katanya, Selasa (29/11/2016).
 
Ia mengatakan, 11 diler yang merupakan bagian jaringan Nusantara Ford tersebar di Jakarta dan Kalimantan. Kini semua diler hanya berfungsi sebagai penyedia suku cadang dan melayani servis. "Spare parts masih jalan sampai 10 tahun ke depan. Jadi diler dibiarkan kosong, kalau unit mobil stoknya sudah habis," akunya.
 
Diketahui, PT Ford Motor Indonesia gulung tikar karena perhitungan bisnis. Ford dinyatakan tak bisa mendapatkan banyak keuntungan di Indonesia. Operasi sepenuhnya akan dihentikan serentak pada paruh kedua 2016.
 
Sementara Kementerian Perindustrian menyebutkan, keputusan yang diambil FMI bukanlah karena faktor pajak kendaraan Completely Built Up (CBU), atau yang didatangkan secara utuh ke Indonesia. Namun karena kalah bersaing. (Jr.)**
.

Categories:Info Bisnis,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait