Gempa Nepal, Longsoran Salju Himalaya Timbun Pendaki

Gempa Nepal, Longsoran Salju Himalaya Timbun Pendaki

Gempa Nepal Getarkan Himalaya hingga memicu longsor salju yang menimbun pendaki. (foto - ist)

Kathmandu - Gempa bumi berkekuatan 5,4 pada skala Richter selain mengguncang Nepal, juga menggetarkan wilayah Pegunungan Himalaya. Salju dan es pun 'melucur' dari Gunung Ama Dablam yang berada di selatan Everest.
 
Seismologi Center Nasional Nepal dalam laporannya menyatakan, pusat gempa berada di perbatasan antara Distrik Ramechap dan Solukhumbu. Atau sekitar 120 kilometer (75 mil) timur ibukota, Kathmandu.
 
Longsor salju tersebut mengakibatkan seorang Sherpa, suku bangsa Nepal dan Tibet yang tinggal di kaki Gunung Himalaya dan merupakan pendaki profesional tewas, sedangkan seorang pendaki Inggris mengalami luka-luka. Pria itu diselamatkan dengan menggunakan helikopter.
 
Seperti dikutip dari CBSNews.com, Selasa (29/11/2016) kedua pendaki tersebut terkena hantaman es yang meluncur akibat longsor, saat mereka berada di ketinggian sekitar 19.680 kaki atau 3.850 meter di atas gunung.
 
Berdasarkan keterangan Iswari Paudel dari Himalayan Guides Nepal yang mengorganisir dan membekali ekspedisi tersebut, helikopter penyelamat menggunakan tali untuk mengangkat mereka dari gunung. Sang pemandu pun tewas saat dalam perjalanan menuju kamp. Sedangkan pendaki Inggris diterbangkan ke rumah sakit di Khatmandu.
 
Sejauh ini, belum ada informasi detail yang menyebutkan identitas kedua korban akibat longsor es tersebut. Tahun lalu, juga terjadi longsor es yang diakibatkan gempa bumi menewaskan 19 orang, yang berada di kamp Gunung Everest dan melukai 61 orang lainnya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,