Paripurna DPR Kembali Pilih Setya Novanto Jadi Ketua DPR

Paripurna DPR Kembali Pilih Setya Novanto Jadi Ketua DPR

Setya Novanto sesaat setelah kembali diangkat menjadi Ketua DPR lewat paripurna DPR, Rabu (30/11/2016) sore. (foto - ist)

Jakarta - Sidang Paripurna DPR resmi menerima Setya Novanto kembali menduduki jabatan Ketua DPR. Novanto menggantikan posisi Ade Komarudin, Rabu (30/11/2016) pukul 16.40 WIB.
 
Sidang dipimpin Wakil Ketua DPR Fadli Zon, sedangkan Ade diketahui tengah berada di Singapura untuk berobat. Dalam persidangan, Fadli memberikan kesempatan bagi para perwakilan fraksi untuk menyampaikan pandangan. Dari semua fraksi tidak ada yang menolak pencalonan Novanto sebagai Ketua DPR.
 
Fadli kemudian menanyakan, apakah para peserta sidang paripurna menerima Novanto sebagai Ketua DPR. Mereka pun secara serempak menyatakan setuju.
Novanto lalu menjalani pelantikan dan mengucapkan sumpah jabatan dengan dipimpin oleh hakim dari Mahkamah Agung. Tak ada masalah dalam proses itu, Ketua Umum Partai Golkar itu pun sah menduduki posisi yang pernah dia tinggalkan dahulu.
 
Sebelum dilantik dibacakan berita acara, yang berisi pemberhentian Ade Komarudin dan pengangkatan Setya Novanto sebagai gantinya. MKD telah memutuskan memberhentikan Ade Komarudin (Akom) dari jabatan Ketua DPR RI. 
 
Pemberhentian Akom ini sesuai dengan penjatuhan sanksi akumulatif, yakni sanksi ringan dan sedang atas dua kasus yang menyeret Akom. Keputusan yang diambil melalui rapat pleno tertutup MKD bersifat final dan mengikat.
 
Dua kasus itu yakni perkara persetujuan rapat sembilan perusahaan BUMN melakukan rapat dengan Komisi XI tanpa sepengetahuan Komisi VI, yang merupakan mitra kerja perusahaan BUMN itu. Serta, laporan empat orang anggota baleg karena diduga melanggar kode etik dewan dengan mengulur waktu dalam pembahasan RUU Pertembakauan.
 
Setya Novanto sendiri mengundurkan diri Bulan Desember 2015 lalu , pada saat memanasnya isu pertemuannya dengan petinggi PT Freeport. Masyarakat menyebut kasus itu 'Papa Minta Saham'. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,