Eks Imigran Taiwan Dicalonkan Jadi Menteri Transportasi AS

Eks Imigran Taiwan Dicalonkan Jadi Menteri Transportasi AS

Elaine Chao (63), eks imigran Taiwan dicalonkan jadi Menteri Transportasi Amerika Serikat. (foto - ist)

Washington DC - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump menominasikan sosok Elaine Chao (63), sebagai menteri transportasi di pemerintahannya. Perempuan kelahiran Taiwan itu adalah mantan menteri perburuhan di era George W. Bush pada 2001-2009.

Ia juga merupakan Deputi Menteri Transportasi di kabinet Presiden Bush di era 1989-1991. "Catatan menunjukkan Chao memiliki kepemimpinan yang kuat, dan keahliannya adalah aset berharga dalam misi kami untuk membangun infrastruktur. Ia memiliki kisah hidup yang luar biasa dan telah membantu banyak rakyat AS dalam karier pelayanan publiknya," kata Trump.

Dikutip dari The Guardian, Kamis (1/12/2016) pernyataan lainnya dari tim transisi Trump secara gamblang menyinggung keberadaan Chao sebagai imigran asal Taiwan. Ini cukup mengejutkan mengingat selama ini Trump kerap melontarkan pernyataan keras terhadap kaum imigran.

"Seorang imigran yang tiba di Amerika pada usia 8 tahun dan berbicara bukan dengan bahasa Inggris, Chao menerima kewarganegaraannya ketika dia berumur 19 tahun," sebut sebuah pernyataan. Iamerupakan istri dari pemimpin mayoritas Senat, Mitch McConnell. Suaminya dikenal sebagai salah satu politisi terkuat di kalangan Republikan. 

Chao bertemu dengan Trump di kediaman mewahnya di Trump Tower pada tanggal 21 November lalu. Keduanya bicara soal isu perburuhan dan transportasi dengan fokus khusus pada kebutuhan infrastruktur jangka panjang AS, dan mengurangi atau menghilangkan peraturan yang dinilai memberatkan.

Semasa kampanye Trump telah berjanji untuk mendorong peningkatan belanja infrastruktur. Rencana itu sangat bergantung pada kemitraan publik-swasta dan kredit pajak, dibandingkan investasi langsung oleh pemerintahan federal. Dua perempuan lainnya juga ditunjuk untuk mengisi pos di pemerintahan Trump, yakni Nikki Haley yang dinominasikan sebagai Duta Besar AS untuk PBB, dan Betsy DeVos sebagai Menteri Pendidikan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,