Jembatan Apung Pertama di Indonesia Ambruk

Jembatan Apung Pertama di Indonesia Ambruk

Jembatan apung pertama di Indonesia yang berada Dermaga Motean Desa Ujung Alang Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap Jawa Tengah ambruk. (foto - ist)

Cilacap - Jembatan apung di Dermaga Motean Desa Ujung Alang Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap Jawa Tengah patah dan ambruk menjadi dua bagian, Kamis (1/12/2016).
 
Menurut Pimpinan Proyek Jembatan Apung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Nazieb Faisal jembatan apung itu sebetulnya belum siap dilintasi, baik oleh orang maupun kendaraan roda dua. "Pagi tadi ada sejumlah elemen yang dilepas. Jembatan ini masih dalam tahap pemasangan (setting) dan konstruksi," katanya.

Namun demikian, sejumlah warga naik ke jembatan itu saat tidak ada penjaga di jembatan apung. Akhirnya, jembatan tidak kuat menahan beban, karena puluhan orang itu berdiri di atas jembatan secara bersamaan. "Jadi sedang setting up. Saya mendapat informasi dari Pak Camat, katanya dinaikin oleh warga," kata Nazieb.

Nazieb menegaskan, ambruknya jembatan itu bukan lantaran lemahnya konstruksi. Namun, lebih banyak karena masih dalam konstruksi, namun sudah dibebani terlalu berat. "Ini bukan masalah konstruksi. Masalahnya baru dipasang batang-batang, sudah banyak warga yang naik," katanya.
 
Sementara itu, koordinator penarik jembatan apung, Kustoro mengatakan jembatan ambruk setelah dinaiki sekitar 25 siswa SMP, yang sama-sama melintas dan berhenti di atas jembatan. Padahal, jembatan itu belum siap dilintasi. "Jembatan ambruk karena tidak kuat menahan beban. Soalnya ada batangan konstruksi yang dilepas," katanya.

Menurutnya, puluhan pelajar dan warga di atas jembatan turut tercebur ke dalam sungai. Oleh nelayan setempat pelajar yang tenggelam di sungai itu segera diselamatkan. "Untungnya tidak ada korban dalam insiden itu. Mereka langsung diselamatkan oleh nelayan setempat," tegasnya.

Jembatan apung Kampung Laut dibangun sejak setengah tahun lalu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Selanjutnya pada 6 November 2016 ditarik ke tempat pemasangan dari Majingklak, Pangandaran ke Dermaga Motean, Kampung Laut Cilacap.

Direncanakan, jembatan apung tersebut akan diresmikan pada 1 Desember 2016 ini. Namun, karena sejumlah kendala, peresmian terpaksa diundur. Jembatan itu diklaim sebagai jembatan apung pertama di Indonesia dan juga di Asia Tenggara. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,