Atty Tochija Langsung Diboyong & Diperiksa di Gedung KPK

Atty Tochija Langsung Diboyong & Diperiksa di Gedung KPK

Walikota nonaktif Cimahi Atty Suharti Tochija langsung diboyong dan diperiksa di Gedung KPK Jalan Rasuna Said Kuningan Jakarta. (foto - ist)

Jakarta - Walikota nonaktif Cimahi Atty Suharti Tochija langsung diboyong ke Gedung KPK Jalan Rasuna Said Kuningan, Jakarta, setelah menjalani pemeriksaan di Polda Jabar, Jumat (2/12/2016). Bersama Atty turut suaminya, mantan walikota Cimahi, Itoch Tochija. Atty pun langsung menjalani pemeriksaan di Gedung KPK.

"Saya belum tahu berapa orang yang dibawa. Nanti saja saat konferensi pers (diberitahukan)," kata sumber dari KPK. Ketua KPK Agus Rahardjo juga belum bersedia menjelaskan secara detail perkara yang menjerat petahana Walikota Cimahi itu. 

Agus hanya meminta para pewarta sabar menunggu informasi resminya. "Tunggu konpers (konferensi pers) nanti," kata Agus.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan melakukan penggeledahan di rumah Walikota nonaktif Cimahi Atty Tochija di Jalan Sari Asih Kecamatan Sukasari Kota Bandung, Kamis 1 Desember malam. Kendati belum diketahui secara rinci, Kabid Humas Polda Jawa Barat Yusri Yunus pun membenarkan tentang penggeledahan itu.

"Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan penggeledahan, namun belum diketahui keterangan rinci mengenai informasi tersebut," kata Yusri. Rumah yang dimaksud dalam keadaan tertutup. Selain personel satuan pengamanan, sejumlah personel berseragam polisi juga terlihat di lokasi. Hanya saja, tidak diketahui bagaimana aktivitas di dalam rumah.

Menurut Yusri, dalam penggeledahan tersebut tim KPK yang berjumlah sekitar 15 orang datang dengan menggunakan lima unit kendaraan roda empat. Sementara pengamanan dilakukan oleh kepolisian setempat, Polsek Sukasari.

Penggeledahan berakhir menjelang pagi hari. Diketahui, tim KPK kembali ke Jakarta bersama pemilik rumah, Itoc dan Atty Tochija serta sejumlah berkas. "Pada pukul 05.30 WIB Tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi meninggalkan kediaman serta membawa Drs. Itoc Tohija, MM dan Hj. Atty Suharty SE dengan beberapa berkas," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,