Kasus HIV/AIDS di Bandung Meningkat Cukup Signifikan

Kasus HIV/AIDS di Bandung Meningkat Cukup Signifikan

Sepanjang 2016 kasus HIV/AIDS di Kota Bandung meningkat cukup signifikan. (foto - ilustrasi)

Bandung - Sepanjang 2016 peningkatan kasus HIV/AIDS di Kota Bandung meningkat cukup signifikan. Bahkan, peningkatannya setiap tahun rata-rata mencapai kisaran 200-400 kasus.

Berdasarkan data dari Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung, hingga September 2016 diketahui terdapat 2.125 kasus HIV dan 1.835 kasus AIDS. 

Menurut Walikota Bandung Ridwan Kamil, peningkatan kasus itu harus mendapatkan perhatian yang serius. Ia mendorong masyarakat dan juga pihak terkait untuk saling mendukung dan berkomitmen bersama, agar penularannya dapat dihentikan.

"Peningkatan kasus ini harus menjadi perhatian kita. Memang tidak mudah karena ini menyangkut gaya hidup dan kehidupan pribadi masyarakat. Namun bagaimanapun gaya hidup dan kehidupan pribadi tetap memiliki risiko kesehatan masing-masing," kata Emil, pada Puncak peringatan Hari AIDS Sedunia tingkat Kota Bandung, Minggu (4/12/2016).

Disebutkan, khusus terhadap peningkatan penularan pada heteroseksual. Berdasarkan data, peningkatan kasus pada pelaku penyimpangan seksual terjadi cukup signifikan. Kasus HIV/AIDS meningkat 30 persen pada heteroseksual, dan 10 persen pada homoseksual.

Emil menduga, penularan pada heteroseksual terjadi di ruang pribadi atau publik yang tertutup dan mengandung potensi bahaya. Oleh karena itu, ia meminta aparatur kewilayahan untuk merazia tempat hiburan, yang menurutnya bisa berpotensi menjadi tempat praktik prostitusi.

Selain razia, pendidikan terkait berbahayanya HIV/AIDS pada warga usia sekolah juga perlu digalakkan. Lewat Dinas Pendidikan nanti akan dibuat imbauan dan peringatan dalam berbagai media di sekolah. "Saya titip ke Dinas Pendidikan fokus untuk meningkatkan pengetahuan kepada anak-anak, untuk menghindari perilaku yang mengancam kesehatan," pinta Emil.

Puncak peringatan Hari AIDS Sedunia tingkat Kota Bandung sendiri berlangsung di halaman Markas Kodim 0618/BS dilakukan dengan Solidarity Run. Ratusan peserta dilepas oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto, Dandim 0618/BS Kolonel Inf Sugiyono dan Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung Sukarno.

"Kegiatan ini merupakan momentum untuk melaksanakan kampanye bersama atas pencegahan dan penanggulangan AIDS di Kota Bandung. Ini untuk meningkatkan komitmen terhadap penanggulangan AIDS," kata Sugiyono selaku Ketua Penyelenggara. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,