18 Mahasiswa Terjebak Badai di Gunung Lokon Dievakuasi

18 Mahasiswa Terjebak Badai di Gunung Lokon Dievakuasi

Tim SAR gabungan evakuasi 18 mahasiswa yang terjebak badai di Gunung Lokon Sulawesi Utara. (foto - ist)

Manado Sedikitnya 18 mahasiswa yang tergabung dalam Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Marabunta Politekhnik Negeri Manado, Sabtu lalu terjebak badai dan lahar dingin di Gunung Lokon, yang berlokasi di Kota Tomohon Sulawesi Utara.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun Tim SAR, belasan mahasiswa itu mendaki Gunung Lokon meski cuaca sangat ekstrem. "Mereka berada di base camp saat terjebak hujan dan badai. Mereka lalu menyebarkan pesan berantai yang menyatakan, kondisi mereka terjebak di gunung api aktif itu," kata Steve JR dari SAR Sulut, Minggu (4/12/2016).
 
Tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tomohon, Polresta Tomohon dan Basarnas Sulut langsung menggelar operasi penyelamatan untuk mengevakuasi pendaki tersebut. Sebanyak 18 mahasiswa yang terdiri atas 15 pria dan tiga wanita berhasil turun, setelah dijemput tim penyelamat.

Tim SAR menuju lokasi sejak Sabtu malam sekitar pukul 23.00 Wita. Mereka berhasil membawa para pendaki, Minggu dinihari sekitar pukul 02.40 Wita. 17 mahasiswa turun dalam keadaan selamat. Sedangkan satu pendaki harus digotong karena terserang hipotermia (kondisi suhu tubuh turun hingga di bawah 35 derajat Celcius).

Menurut Kapolsek Tomohon Utara AKP Bartholomeus Dambe, setelah berhasil diselamatkan para mahasiswa itu diperiksa dan diberikan pembinaan di Mapolsek Tomohon Utara. "Mereka dipulangkan ke kampus dengan menggunakan kendaraan milik tim SAR. Sementara satu wanita yang terserang hipotermia masih menjalani perawatan di rumah sakit," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,