Wapres Filipina Nyatakan Siap Mundur dari Kabinet

Wapres Filipina Nyatakan Siap Mundur dari Kabinet

Wakil Presiden Filipina Leni Robredo. (foto - ist)

Manila - Wakil Presiden Filipina Leni Robredo menyatakan siap mundur dari jabatannya di kabinet pemerintah Filipina. Hal itu diduga karena ia sudah tak sepaham lagi dengan Presiden Rodrigo Duterte, dan dugaan adanya pihak yang ingin menggeser dua posisinya di pemerintahan.

Dikutip dari Reuters, Minggu (4/12/2016) Robredo selain menjabat sebagai wapres juga merangkap jabatan sebagai Sekretaris Perumahan. Ia menolak berhenti sebagai wapres, tetapi ia bersedia mundur dari jabatan sebagai Sekretaris Perumahan.

Hal itu dilakukan setelah menerima pesan singkat dari menteri lain, yang mengatasnamakan Duterte untuk segera berhenti dan tidak lagi menghadiri rapat kabinet.

"Saya telah diperingatkan akan ada rencana untuk mengambil posisi  wakil presiden. Saya memilih mengabaikannya dan fokus bekerja. Namun peristiwa beberapa hari terakhir ini, plot tersebut sekarang sudah diatur dan bergerak," kata Robredo.

Sejauh ini, ia tidak menjelaskan secara rinci soal kelompok yang ingin melengserkannya. Namun Sekretaris Kabinet Juni Evasco mengungkapkan, keputusan Robredo untuk menanggalkan jabatannya karena ada perbedaan pandangan yang tak bisa didamaikan antara Robredo dengan Duterte.

Sebagai awal dari 'perperangan' pucuk pimpinan pemerintahan tersebut, dimulai ketika Robredo menentang kebijakan Duterte mengenai perang terhadap narkoba. Selama melahirkan kebijakan itu, setidaknya lebih dari 2.000 orang tewas dalam lima bulan terakhir. 

Selain itu, Robredo menentang untuk mengkaji ulang hukuman mati kepada terpidana kasus narkoba. "Dari awal, Presiden (Duterte) dan saya memiliki perbedaan besar dalam prinsip dan nilai-nilai," kata mantan pengacara dan aktivis sosial itu. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,