11 Orang Tewas, Regent Plaza Hotel di Pakistan Terbakar

11 Orang Tewas, Regent Plaza Hotel di Pakistan Terbakar

Kebakaran hebat melanda Regent Plaza Hotel di Kota Karachi Pakistan, Minggu malam waktu setempat. (foto - antara)

Karachi - Sedikitnya 11 orang tewas dan 65 orang lainnya terluka, menyusul kebakaran hebat yang melanda Regent Plaza, hotel mewah bintang empat di Kota Karachi Pakistan, Minggu malam waktu setempat.

Dilansir Reuters mengutip koran Dawn, Senin (5/12/2016) kebakaran berawal dari bagian dapur di lantai bawah Regent Plaza Hotel, yang menjebak para tamu yang berada di lantai di atasnya.

Media setempat melaporkan, hotel itu memiliki 400 kamar. Kebanyakan gedung di Pakistan memiliki standar keamanan dan kesehatan yang buruk. Sementara petugas pemadam kebakaran tak dilengkapi dengan alat-alat yang memadai.

Kameramen Reuters mengatakan, api berhasil dijinakkan pada pukul 09.30 waktu setempat. Dawn melaporkan, setidak 65 orang mengalami luka-luka, berdasarkan keteangan dokter dari rumah sakit terbesar di kota itu.

Menurut thenews.com.pk, ada sekitar 300 orang di hotel mewah tersebut ketika kebakaran menyergap. Pejabat setempat mengatakan, ada beberapa warga asing termasuk Cina dan Jerman, yang terjebak dalam penginapan itu. Namun mereka berhasil dievakuasi. 

Sementara itu, Walikota Karachi Waseem Akhtar menyatakan, penyebab kebakaran memang belum diketahui secara pasti. Namun berdasarkan keterangan korban yang selamat menyebutkan, dirina memang tengah tertidur ketika kebakaran terjadi. 

Kepala Departemen Pemadam Kebakaran, Tehseen Siddqui menyebutkan, meski kobaran api tidak terlalu besar dan dapat dipadamkan dalam waktu singkat, asap menyebar ke seluruh area hotel karena sistem pendingin udara masih berfungsi.

Menurutnya, hotel tersebut tidak memiliki sistem pembuangan asap hingga menyebabkan banyak penghuni hotel mati lemas. Selain itu, hotel itu pun tidak memiliki peralatan yang memadai untuk mengevakuasi korban. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,