2 Kapal Malaysia Angkut Kontainer Kandas di Perairan Riau

2 Kapal Malaysia Angkut Kontainer Kandas di Perairan Riau

Dua Kapal Malaysia angkut kontainer kandas di Perairan Riau. (ist)

Pekanbaru - Dua kapal pengangkut puluhan kontainer bahan baku industri dari Malaysia kandas, setelah terombang-ambing di perairan Indonesia, tepatnya di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis Kepulauan Riau. Akibatnya, puluhan kontainer pun tercebur ke dasar laut.

Menurut Kabid Humas Polda Riau AKBP Gunur Aryo Tejo, kepolisian bersama Syahbandar Batu Panjang berupaya mengevakuasi badan kapal yang kandas tersebut. Selain itu, menyelamatkan kontainer yang tersisa dari kapal yang kandas tersebut.

"Tidak ada korban jiwa, para anak buah kapal yang rata-rata berasal dari Indonesia selamat. Namun kejadian itu menyebabkan kerugian materi yang cuku  besar," kata mantan Kapolres Pelalawan ini, Senin (5/12/2016).

Ia mengatakan, dua kapal itu masing-masing Low Kim Chuan 8 dan Low Kim Chuan 118 berangkat dari Port Klang Malaysia dengan tujuan Sungai Siak, atau salah satu pelabuhan perusahaan bubur kertas terbesar di Asia. Saat menyeberang dari batas perairan Malaysia ke perairan Indonesia, tiba-tiba angin dan ombak datang dari arah barat. Hantaman ombak mengenai lambung kanan kapal.

"Dua kapal berinisiatif mengubah haluan mengikuti arah angin dan ombak. Hanya saja, upaya itu sia-sia karena banyak kapal dari timur ke barat," kata Guntur. Akibat cuaca buruk, kapten kedua kapal dimaksud hanya bisa mengubah haluan dari angka 176 ke 150. 

Usaha itu dilakukan selama beberapa jam karena kondisi laut sudah tak memungkinkan. "Tak lama kemudian, anak buah kapal melihat kondisi kapal kondisi miring dan hendak karam," tegas Guntur.

ABK lalu mengecek kondisi kapal yang sudah rusak akibat hantaman ombak. Sementara beberapa tali yang mengikat ratusan kontainer sudah putus. "Sebagian kontainer sudah ada yang jatuh ke laut. Kapten mengubah haluan ke Pulau Rupat untuk berlindung. Saat perjalanan ke Rupat, tongkang semakin miring dan sebagian kontainer jatuh ke laut," katanya.

Disebutkan, kapal Low Kim Chuan mengangkut 95 kontainer. Sebanyak 60 kontainer dilaporkan sudah terjun ke dasar laut dan terselamatkan. Sementara Kapal Low Kim Chuan 118 mengangkut tujuh kontainer berisi bahan baku kertas.

"Enam kontainer dari kapal kedua sudah tenggelam ke laut dan hanya tersisa satu," tambahnya. Pihak kepolisian bersama otoritas laut setempat sedang berupaya mengevakuasi kapal kandas itu. Termasuk menghitung kerugian pasti akibat kejadian tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,